Penyebab Cacingan pada Anak dan Cara Mencegahnya

Penyebab cacingan pada Anak – Cacing dan parasit pada usus merupakan sebuah hal yang lumrah terjadi di seluruh dunia. Namun, penyakit ini lebih sering ditemukan pada daerah tropis dan sub tropis serta tersebar luas saat musim hujan. Gejala cacingan biasa menjangkiti anak-anak daripada orang dewasa. Bahkan, ada banyak cacing yang masuk ke dalam tubuh mereka. yang paling umum adalah cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, dan cacing pita.

Bagaimana cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh anak? Beberapa penyebab cacingan akan kami jelaskan secara singkat melalui poin-poin berikut ini.

Daging yang terkontaminasi

Cacing bisa berkembang biak akibat telur yang terus menetas. Ada kalanya, telur tersebut hadir melalui media makanan, dan air. Salah satu makanan yang bisa saja terkontaminasi telur cacing adalah daging. Saat ini, banyak lembaga pengawas makanan yang melakukan sidak ke pasar daging dan kemudian menemukan penjual yang nakal dengan menjual daging sapi terkontaminasi cacing.

Jari yang kotor

Awasi anak Anda terutama ketika mereka sedang bermain, karena salah satu penyebab cacingan pada anak  adalah jari yang kotor. Dengan jari yang kotor serta belum dicuci bersih, maka cacing dan telurnya bisa saja masih tertinggal di jari mereka. kemudian, masuk ke mulut di saat anak makan. untuk itu, amat diajurkan melakukan pembersihan secara teratur terhadap tangan anak, dan kemudian memotong kuku anak Anda minimal seminggu sekali.

Proses memasak yang kurang baik

Jika memasak, maka masaklah makanan hingga matang. Karena, dengan makanan yang masih relatif mentah atau setengah matang, kemungkinan cacing belum mati dan masih bisa berkembang biak dengan bebas. Juga, sebelum Anda memutuskan untuk memasak suatu bahan makanan, pastikan Anda telah mencucinya dengan sangat bersih terutama untuk kategori sayuran serta daging.

Pencegahan agar terhindar dari cacingan :

  • Cuci buah dan sayuran sebelum makan
  • Masak makanan Anda sangat baik untuk menghapus semua kemungkinan cacing atau parasit
  • Minum air rebus atau air yang disaring
  • Bersihkan tubuh anak dengan teratur, terutama setelah mereka bermain, dan menyentuh hewan peliharaan.
  • Sertakan cengkeh dalam makanan Anda untuk membunuh parasit

Itulah beberapa hal penyebab cacingan pada anak dan bagaimana cara mengatasinya.

author