Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Sungsang

No comment 634 views

Ketika sedang hamil merupakan masa – masa tersulit bagi seorang wanita, sebab mereka harus benar – benar menjaga si cabang bayi agar dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, ibu hamil juga harus memeriksakan kehamilannya ke dokter setiap satu bulan sekali untuk mengontrol perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Hal ini dilakukan bukan hanya sekedar untuk mengontrol perkembangan janin, tapi juga untuk memastikan posisi/letak bayi berada pada posisi yang benar.

bayi sungsang
Mungkin anda pernah mendengar istilah bayi sungsang, yaitu kelainan pada bayi yang mengakibatkan letak kepala si bayi berada di atas dan letak bokongnya berada di bawah. hal inilah yang paling ditakutkan oleh ibu hamil, sebab bayi sungsang akan dapat mempersulit proses kelahiran nantinya. Penyebab bayi sungsang sendiri ada banyak, salah satunya berat janin yang lebih rendah dari rahim sehingga bayi dapat bergerak bebas.

Buat anda yang mengalami bayi sungsang tidak perlu khawatir, sebab anda masih berpeluang untuk membetulkan posisi bayi dengan beberapa tips. Salah satunya adalah dengan posisi bersujud, posisi perut seakan – akan mengangtung ke bawah. Jika posisi ini dilakukan dengan baik dan teratur, posisi bayi dapat kembali ke posisi normal yakni kepala di bawah mendekati muut rahim.

Biasanya para dokter menyarankan ibu hamil yang mengalami bayi sungsang untuk melakukan posisi bersujud sebanyak 2 kali sehari dengan rentang waktu sekitar 15 menit. Bila setelah melakukan tips ini posisi bayi anda masih belum bisa kembali normal, anda tidak perlu khawatir karena anda tetap bisa melahirkan bayi anda. Hanya saja akan sedikit berbahaya, dan diperlukan penanganan yang cepat dan tepat.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi bayi sungsang, semoga dapat bermanfaat untuk anda. saran kami, ada baiknya anda mengontrol kehamilan anda setiap bulannya ke dokter untuk memastikan keadaan bayi anda dalam kondisi yang baik.

author