Penyebab dan Cara Mengobati Gejala Flu pada Anak

Penyakit flu pada anak merupakan salah satu hal yang sering terjadi dan Anda harus mengetahui penyebabnya sebagai bagian dari pencegahan penyakit flu. Dikatakan bahwa flu adalah kondisi dengan gejala kunci seperti demam, tubuh menggigil, nyeri di sekujur tubuh, sakit kepala, serta batuk kering.

Penyebab flu adalah virus dengan jumlah mencapai tiga jenis virus. Virus flu tipe A dan B merupakan jenis virus yang bertanggung jawab terhadap epidemic tahunan flu. Sedangkan virus tipe C merupakan jenis virus yang menyebabkan gangguan flu sporadis.

Flu pada anak menyebar secara langsung khususnya ketika anak berdekatan dengan orang banyak, dan berada di tempat berdebu serta kotor. Ada kalanya flu menyebar dengan cara yang sederhana seperti anak yang menggunakan remote control bersama, berbagi stik playstation, atau yang saling meminjam pensil.

Kemudian, ketika anak Anda mengalami beragam gejala berikut, itu artinya anak akan mendapatkan gangguan pernapasan yang berujung pada flu. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Demam tinggi
  • Menggigil
  • Letih yang berlebihan
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit perut serta muntah
  • Bagaimana cara mencegah flu pada anak?

Salah satu cara yang sangat direkomendasikan dalam mencegah flu adalah menerapkan vaksin flu. Vaksinasi tersebut ampuh dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi anak dari penyakit flu. Beberapa anak yang berusia di atas 2 tahun serta tidak mempunyai riwayat penyakit asma, bisa divaksin melalui hidung dengan cara menyemprotnya. Sedangkan, khusus untuk anak dengan usia 6 bulan ke atas, maka dapat diberikan suntikan vaksin flu.

Pencegahan gejala flu pada anak memang harus diterapkan dengan serius, karena bisa jadi terdapat beragam masalah lain kedepannya. Karena, anak bisa saja mengalami infeksi sinus, infeksi telinga, hingga pneumonia. Langkah pertama dalam menghindari flu bertambah parah adalah membawa buah hati Anda pergi ke dokter kemudian mengkonsultasikan hal-hal yang berkaitan dengan flu pada anak Anda.

Semoga tips mengobati gejala flu pada anak di atas mampu membantu Anda.

author