Penyebab dan cara penanganan Keterlambatan Bicara Pada Anak

Keterlambatan bicara adalah keadaan dimana anak belum mampu menyelesaikan tahap-tahap perkembangan bicaranya padahal usianya sudah melampaui. Keterlambatan bicara ini sangat buruk bagi perkembangan anak selanjutnya, karena hal ini akan berpengaruh kepada komunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Keterlambatan ini juga akna membuat anak di cap tidak normal sehingga menurunkan percaya diri anak.

Keterlambatan bicara ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Gangguan pendengaran
  2. Gangguan pada otak (misalnya retardasi mental, gangguan bahasa spesifik reseptif dan/atau ekspresif)
  3. Autisme
  4. Gangguan pada organ mulut yang menyebabkan anak sulit melafalkan kata-kata (dikenal sebagai gangguan artikulasi).

Untuk mendiagnosa penyebab anak mengalami keterlambatan bicara ini, Bunda dapat membawanya ke dokter THT, spesialis anak, atau psikiater anak. Pendeteksian dini ini akan memudahkan langkah selanjutnya agar anak dapat segera berbicara. Hal-hal yang dapat orang tua lakukan untuk menghindari atau membantu anak yang mengalami keterlambatan bicara antara lain:

1. Mengajaknya sering berkomunikasi

Sejak anak masih bayi dan belum dapat berbicara, usahakan untuk sering mengajak anak berbicara. Walaupun mereka tidak faham, akan tetapi secara langsung kita menambahkan kosa kata serta melatih mereka berbicara.

2. Sering membacakan atau menceritakan sesuatu

Dengan bercerita, akan terjadi komunikasi verbal antara orang tua dengan anak. Cerita bergabar juga dianjurkan, karena Anda dapat sekaligus menunjukkan nama gambar tersebut. Perbendaraan kata anka juga akan meningkat melalui cerita yang dibacakan.

bayi bicara

Anak tumbuh dan berkembang secara normal merupakan dambaan semua orang tua. Oleh karena itu, terus memantau perkembangan anak merupakan hal yang penting. Simak juga cara menangani keterlambatan lainnya pada anak.

author