Penyebab Dehidrasi pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Dehidrasi pada bayi memang seringkali terjadi dan menjadi hal yang membingungkan untuk banyak orang tua. Deshidrasi datang bukan tanpa sebab dan satu hal yang pasti adalah dehidrasi merupakan sebuah kondisi yang disebabkan oleh penyakit-penyakit serta keadaan yang tidak mendukung. Ada beberapa penyebab dehidrasi pada bayi dan diantaranya adalah sebagai berikut.

Diare

Bayi akan kehilangan banyak cairan apabila hal ini terjadi. Kondisi mual, muntah, dan BAB yang berulang menyebabkan bayi kehilangan beragam mineral penting seperti sodium, potassium, serta klorida.

Pneumonia

Ini merupakan sebuah kondisi dimana bayi akan mengalami demam yang tinggi serta nafas terengah-engah. Dengan kondisi tersebut, tentu saja pengeluaran cairan dan uap air yang ada di dalam paru-paru menjadi meningkat.

Makan dan minum yang kurang

Ini adalah kondisi yang jarang terjadi. Kendati demikian, nafsu makan si kecil yang buruk bisa menyebabkan kondisi dehidrasi akibat kekurangan nutrisi ini.

Cuaca

Cuaca yang sangat panas bisa menyebabkan anak atau bayi anda mengeluarkan cairan dalam jumlah yang banyak. Apabila tidak diimbangi dengan konsumsi cairan tinggi, maka mereka akan mendapatkan dehidrasi.

Ada beragam kiat menghindari dehidrasi pada bayi yang bisa anda coba. Antara lain adalah sebagai berikut.

  • Memberikan anak anda minum secara teratur. Karena minuman merupakan elemen utama yang bisa mencegah dehidrasi.
  • Anda juga amat disarankan untuk memberikan kombinasi buah dan sayuran yang banyak mengandung air. Bisa juga, menyediakan makanan berupa sup yang mampu menghadirkan cairan dalam jumlah banyak.
  • Berikan konsumsi minum berupa air mineral atau air putih dan hindari beragam cairan seperti es teh atau soft drink.
  • Jangan biarkan anak anda untuk beraktivitas di bawah kondisi cuaca yang tidak mendukung seperti panas terik.
  • Juga, berikan konsumsi air secara teratur meskipun anak tidak merasa haus.
  • Berikan pertolongan pertama berupa oralit sebagai cairan apabila bayi anda menderita diare.

Itulah beragam penyebab dan kiat mengatasi dehidrasi pada bayi yang bisa anda coba di rumah.

author