Penyebab Kehamilan Bayi Kembar

No comment 666 views

Memiliki bayi yang lahir kembar mungkin merupakan anugrah yang luar biasa dan membawa kebahagiaan ganda bagi sebuah keluarga. Kondisi bayi kembar ini memang tak jarang ditemukan disekitar kita, namun rasionya terbilang kecil dibanding dengan kelahiran bayi tunggal. Secara ilmu kedokteran keadaan ini desebut dengan multifetus, dimana seorang ibu dapat mengandung lebih dari satu janin pada waktu yang sama.

kembar

Berbagai studi mengenai permasalahan bayi kembar ini telah banyak dilakukan oleh para ahli, salah satunya membahas mengenai faktor yang menyebabkan kehamilan bayi kembar. Adapun beberapa faktor penyebab bayi kembar tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Faktor keturunan

Seorang anak yang terlahir dari orang tua dengan gen kembar akan memiliki potensi kehamilan kembar yang lebih tinggi. Dari berbagai studi gen kembar yang dibawa ibu lebih berpengaruh dari pada yang dibawa ayah.

  • Parietas Ibu

Parietas merupakan frekuensi seorang ibu atau wanita untuk melahirkan. Dengan demikian semakin tinggi parietas seorang ibu maka potensinya untuk mengalami kehamilan bayi kembar semakin tinggi pula.

  • Obat perangsang ovulasi

Obat – obatan perangsang ovulasi dapat menyebabkan dan memicu terjadinya kehamilan kembar dua atau bahkan lebih dari beberapa telur.

  • Usia

Usia ternyata berpengaruh terhadap tingkat potensi kehamilan kembar. Umumnya sampai usia ke 40 tahun, semakin tinggi / tua umur seorang ibu potensi untuk mengalami kehamilan kembar semakin besar.

  • Fertilisasi invitro

Fertilisasi invitro merupakan pembuahan yang ditana, secara langsung di rahim ibu, pembuahan ini memungkinkan terjadinya kehamilan kembar, bahkan kembar tiga.

author