Penyebab Kekerasan Antar Pelajar yang Harus Diketahui

Kekerasan antar pelajar memang dewasa ini begitu banyak terjadi. Kekerasan ini biasanya terjadi dalam jumlah masa pelajar yang besar dan mereka membawa banyak senjata yang tentu saja begitu berbahaya. Apabila tidak segera ditangani, kekerasan antar pelajar bisa menjalar dan terus ada bahkan hingga nanti. Kendati demikian, kita tidak boleh gegabah dalam mengatasi kekerasan tersebut dan diharuskan untuk menempatkan keilmuan khusus agar mampu mengatasi secara tuntas. Kita harus mengerti terlebih dahulu apa saja penyebab tawuran antar pelajar tersebut, dan inilah beberapa penyebabnya.

Faktor dari dalam diri

Seorang remaja yang sering terlibat tawuran, mungkin memang mempunyai sifat emosional yang tinggi serta belum mampu mengatasi beragam situasi yang menerpa dirinya. Mereka cenderung mudah terpengaruh oleh pergaulan teman-teman dekatnya, serta cenderung putus asa dengan masalah sekolah dan keluarga. Kemudian, pada akhirnya konflik mudah tersulut serta menjadi penyelesaian dari sebuah masalah.

Faktor keluarga

Apakah remaja mempunyai keluarga yang harmonis? Kalau ya, maka akan sangat kecil ia terlibat dalam tawuran atau kekerasan. Tetapi, jika keluarga yang ada di rumah mempunyai banyak masalah, bahkan sering terjadi kekerasan rumah tangga antara ayah ke ibunya, maka pelajar akan merekam kejadian tersebut dalam memorinya. Ia bisa putus asa dengan keadaan rumah, dan belajar dari tempramen orang tuanya, remaja tersebut akan sangat mudah terlibat dalam tawuran atau kekerasan.

Kelompok atau geng

Apabila remaja atau pelajar sudah membentuk geng masing-masing maka kesetiakawanan mereka hanya akan didedikasikan pada geng tersebut. Mereka mampu membela anggota kelompoknya bahkan tidak masalah apabila harus terlibat tawuran atau tindak kekerasan yang begitu besar. Ini tentu banyak terjadi dimana pelajar mampu melakukan tindak kekerasan dengan alasan kesetiakawanan sosial.

Pada intinya, kekerasan antar pelajar dapat diatasi oleh kita semua. Kendati demikian, amat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu akar permasalahannya dan apa saja penyebabnya, baru kemudian kita atasi secara tuntas. Semoga menginspirasi anda semua.

author