Penyebab Mimisan Pada Anak

No comment 975 views

batuk pilek

Mimisan sering kali terjadi pada anak-anak usia sekitar dua tahun. Hal ini menyebabkan orang tua panik akan adanya penyakit lain yang menyebab kan darah keluar dari hidung si buah hati. Hal ini diakrenakan adanya persepsi yang tidak wajar jika darah keluar dari organ-organ dalam tubuh. Apalagi kepala yang sering kali dihubungkan dengan otak.

Persepsi tersebut sebaiknya perlu dihilangkan namun tetap waspada. Menurut dokter penyebab mimisan antara lain trauma pada lapisan mukosa hidung yang terdapat banyak pembuluh darah kapiler, yang mudah pecah. Dan sering terjadi saat anak terkena peradangan/infeksi pada saluran pernafasan.

Mimisan pada anak sebaiknya tidak terlalu dikhawatirkan selama mimisan tidak terjadi terus menerus dan disertai demam atau penyakit lain. Jika mimisan disertai demam dan penyakit lain sebaiknya segera dibawa ke dokter. Jika Bunda menemui anak mengalami mimisan biasa, hal yang sebaiknuya dilakukan saat anak mimisan adalah sebagai berikut:

1. Jangan panik

Terkadang kepanikan akan menyebabkan kesalahan dalam melakukan langkah-langkah penyelesaian masalah dnegan tepat. Oleh karena itu, dengan tetap tenang, maka dapat dipikirkan solusi terbaik

2. Tengadahkan anak

Bimbinglah anak untuk dudiuk dengan agak membungkuk dengan posisi kepala menengadah.

3. Jepit hidung

Suiruhlah anak bernafas menggunakan mulut selama kurang lebih 3-5 manit.

4. Kompres dengan es batu pada bagian hidung

Lakukan selama 10-15 menit, jika pendarahan tidak juga berhenti, segera bawa anak ke dokter.

Selain tips menangani anak mimisan ,simak juga tips menangani anak kejang di rumah.

author