Penyebab Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

No comment 1063 views

Jantung merupakan organ vital manusia yang mungkin dapat dikatakan bahwa tanoa jantung, manusia akan mati. Hal ini sejalan dengan fungsi jantung sebagai alat pemompa darah, bayangkan saja jika darah tidak tersirkulasi dengan baik. Tentu saja mengancam kehidupan.

Penyakit jantung selain diakibatkan oleh faktor eksternal, ternyata juga dapat disebabkan oleh faktor internal. Salah satunya karena genetik atau sering disebut penyakit jantung bawaan (PJB). Penyakit jantung bawaan ini terjadi karena adanya kelainan struktur jantung yang dibedakan menjadi dua tipe, yaitu PJB biru (sianotik) dan PJB non-sianotik.

Oleh karena penyakit ini berbahaya, maka perlu adanya penanganan dini. Agar dapat melakukannya, maka kita juga harus tahu terlebih dahulu penyebab penyakit jantung bawaan (PJB). Sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebab PJB. Akan tetapi, para ahli menduga bahwa penyebabnya kompleks, yaitu dari dalam maupun dari luar.

empeng

Pada intinya, pembentukan struktur jantung dan organ tubuh bayi berawal pada kehamilan usia muda. Jika Ibu hamil tidak menyadarinya maka besar kemungkinan pembentukan organ tubuh, khususnya jantung tidak sempurna. Diduga kontak rokok pada masa kehamilan, mengkonsumsi obat-obat terkarang, minuman keras, infeksi kehamilan, kelainan genetik seperti sindrom down dan diabetes melitus, dan sebagainya.

Mengetahui penyebab PJB ini penting untuk mencegah PJB terjadi pada anak. Jika penyakit jantung bawaan ini sudah menyerang, maka kita perlu mengetahui gejala penyakit jantung bawaan agar penanganannya lebih dini.

author