Penyebab Penyakit Kuning pada Bayi

No comment 670 views

Penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh bayi yang baru lahir, yaitu kulit dan mata bayi berwarna kekuningan. Penyakit ini biasanya menyebabkan bayi mengantuk, pucat, lemas, dan malas menyusu.

kuning

Penyakit kuning dapat disebabkan oleh  faktor gen dari ibu dan asupan nutrisi ibu selama masa kehamilan. Selain kedua faktor tersebut, penyakit kuning dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak paparan berikut:

Penyebab penyakit kuning pada bayi

  • Kandungan biribulin

Biribulin merupakan pigmen berwarna kuning yang dihasilkan pada proses metabolism enzimatik oleh biliverdin reduktase. Kadar biribulin yang terlalu tinggi pada bayi dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning. Kandungan yang tinggi tersebut dapat mengakibatkan kantong biribulin pecah sehingga biribulin mengalir bercampur dengan darah. Pada bayi yang lahir secara premature, potensi terjadinya penyakit kuning jauh lebih besar, karena organ hatinya belum mampu melakukan metabolism secara maksimal.

  • Pemberian ASI yang kurang baik

ASI mengandung senyawa kolostrum yang dapat berperan untuk memecah biribulin sehingga menghindarkan bayi dari penyakit kuning. Oleh sebab itu jika pemberian ASI pada bayi yang baru lahir kurang maksimal, maka dapat meningkatkan potensi bayi terkena penyakit kuning.

Namun, penyakit ini sebenarnya dapat dicegah sedini mungkin ketika ibu masih dalam masa kehamilan, yaitu dengan mencukupi asupan gizi lengkap dan seimbang serta rutin minum susu.

author