Penyebab Sulit Makan pada Anak

No comment 665 views

Sulit makan pada anak merupakan salah satu gangguan yang begitu banyak terjadi. Seorang anak yang mengalami kesulitan makan biasanya malah terjadi saat mereka sedang berada pada proses pertumbuhan yang vital. Biasanya terjadi ketika mereka berusia antara 1 hingga 6 tahun. Kesulitan makan tersebut sering dicemaskan oleh para orang tua dan kebanyakan mencari beragam cara untuk mencegahnya.

Juga, perlu anda ketahui bahwa kesulitan makan tersebut tidak sepenuhnya terjadi karena anak anda mempunyai selera yang buruk. Anda bisa saja salah dalam penyajian makanan yang menjadi sebab sulit makan pada anak. Sejatinya, apa saja sebab sulit makan pada anak tersebut? Kami memberikan gambaran ide berikut ini.

Kapasitas perut anak tidak terlalu besar

Ketika seorang anak hanya mempunyai kapasitas perut yang kecil, mungkin itu adalah sebab mengapa mereka tidak ingin makan. Oleh karena itu, jangan membuat anak trauma dengan beberapa jenis makanan yang anda hidangkan dalam porsi besar. Sebaliknya, cobalah berikan porsi kecil kepada mereka dan kemudian tambahkan beberapa makanan ringan bernutrisi agar gizi yang mereka dapatkan bisa dipenuhi dengan baik.

Rasa dan aroma makanan

Mungkin saja, anak anak tidak menyukai rasa dan aroma makanan yang kita sajikan. Anda mungkin pernah menemukan seorang anak yang tiba-tiba mual ketika diajak makan serta tidak lagi bernafsu untuk mengkonsumsi jenis makanan apapun. Selektiflah dalam memilih makanan dan jangan asal mempertimbangkan gizi.

Suasana makan

Ketika anak anda berada di suasana yang tidak menarik, atau bahkan banyak hal menarik menyita perhatiannya, tentu mereka akan susah makan. Oleh karena itu, berikanlah suasana yang tenang dan tidak terlalu terganggu oleh hal-hal yang ada disekitarnya. Salah satu suasana yang membuat anak ingin makan adalah ketika makan bersama dengan seluruh keluarga.

Penyajian makanan

Banyak anak yang tidak menghendaki penyajian makanan tertentu. Sebagai contoh, seorang anak bisa saja tidak suka terhadap penyajian yang dicampur antara lauk pauk, sayur, serta nasi. Sedangkan, banyak pula anak yang menghendaki semua makanan dicampur di dalam satu piring.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab sulit makan pada anak yang semoga membantu Anda.

author