Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak

No comment 1039 views

Buah Hati Ada merupakan permata yang sangat berharga, untuk itu Anda harus memperhatikan cara mendidik anak Anda agar tidak akan menyesal dikemudian hari.

Terkadang  tanpa disadari Anda mendidik anak dengan cara yang kurang tepat, untuk itu diperlukan peran keluarga dalam mendidik  anak. Jadi bukan hanya Anda saja yang harus mendidik, tetapi suami juga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan pribadi anak.

Keluarga merupakan guru yang pertama kali dan yang utama dikenal oleh anak, untuk itu Orang tua harus jeli memberikan contoh, sikap dan pengertian yang benar agar dikemudian hari anak tidak akan terpengaruh oleh pengaruh lingkungan yang buruk.

Perlu Anda ketahui fungsi dan peran keluarga dalam mendidik anak, bahwa keluarga memiliki beberapa fungsi dan peran dalam perkembangan kepribadian anak  dan  mendidik anak dirumah

Dalam pembentukan kepribadian dan mendidik anak di rumah, keluarga berfungsi sebagai :

  • Guru yang pertama kali mengajarkan dasar-dasar pendidikan agama.
  • Guru yang mengajarkan pengalaman pertama pada masa kanak-kanak.
  • Guru yang menanamkan dasar pendidikan sosial.
  • Bertanggung jawab dalam memberikan dorongan dan motivasi pada anak agar mencapai keberhasilan.
  • Memberikan dan menanamkan pendidikan moral pada anak.
  • Menjaga kesehatan dan memberikan gizi yang cukup agar anak dapat menjalankan proses pembelajaran .
  • Memberikan kesempatan belajar dengan mengenalkan berbagai macam ketrampilan dan ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk kehidupan anak kelak.

Setelah Anda baca artikel ini, bisa diambil kesimpulan bahwa  peran keluarga dalam mendidik anak besar sekali dan berguna bagi kehidupan mandiri anak.

author