Peran Orang Tua Dalam Memantau Perkembangan Bayi Prematur

Bayi prematur merupakan bayi yang memiliki resiko cukup tinggi terutama dalam masa perkembangan nantinya. Umumnya, hal yang terjadi adalah si kecil akan mengalami gangguan atau sulit tumbuh layaknya anak normal. Sebut saja untuk duduk, berdiri, tengkurap, bicara hingga berjalan sekalipun mereka membutuhkan waktu yang cukup lama.

Adapun perkembangan bayi prematur sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menentukan apakah si kecil masih tergolong normal dan sehat. Artinya, si kecil bisa saja dapat tumbuh dengan baik atau malah ada yang menghalangi bayi untuk mengembangkan kemampuannya.

perkembangan bayi prematurPenanganan serta perawatan intensif adalah satu tindakan yang harus dilakukan guna memastikan bayi tidak mendapatkan perlakukan yang tidak semestinya. Ingat, bahwa anak memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengembangkan potensi serta kemampuannya.

Tugas para orang tua untuk mengamati perkembangan anak termasuk kemajuan dari bayi prematur yang mereka miliki. Dukungan psikologis dari keluarga memegang peranan yang sangat kuat termasuk dalam menemukan cara atau metode untuk menstimulasi si kecil. Dengan begitu, keterlambatan yang umumnya terjadi dapat diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa hampir 50% perkembangan bayi prematur mengalami hambatan yang bila tidak diatasi secara dini memberikan pengaruh yang cukup besar. Jika pun tidak memiliki ide atau rencana tentang penanganannya, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

Pemeriksaan yang dilakukan secara detail setidaknya mengurangi segala resiko yang bisa saja terjadi. Namun, pilihlah pihak yang diajak untuk berkonsultasi yang sudah memahami dan berpengalaman agar observasi yang dilakukan dapat diberikan solusi yang tepat.  Adapun tujuan medis yang dilakukan adalah untuk mengetahui jenis terapi apa yang sesuai untuk anak. Namun, jenis terapi sensori integrasi biasanya dipilih untuk mengatasi terlambatnya gangguan pertumbuhan.

Meski berbagai jenis terapi dapat diberikan, namun kemampuannya dalam menyikapi segala stimulasi tersebut tidak terlepas dari kondisinya saat bayi lahir. Berat badan yang sangat rendah atau pun usia melahirkan yang belum cukup bulan memberikan kontribusi yang cukup besar. Untuk itu, sangat disarankan peran orang tua yang cukup intensif dalam menyikapi perkembangan bayi prematur.

author