Peranan Ibu Dalam Rumah Tangga

851 views

Menjadi seorang ibu bukanlah mudah, banyak sekali yang harus dilakukan seorang ibu dalam keluarga. Peran seorang ibu dalam berumah tangga sangatlah penting, apalagi di zaman sekarang seorang ibu dituntut untuk serba bisa dan menguasai berbagai macam hal atau ilmu.

Berikut peranan ibu dalam keluarga yang bisa anda pelajari.

1. Kesehatan
Ketika melahirkan seorang bayi, ibu dituntut untuk memahami seluk beluk kesehatan bayi. Mengetahui berbagai macam jenis penyakit, cara mengantisipasi dan mengobati (pertolongan pertama) demi menjaga kesehatan keluarganya.

2. Kebersihan

Dapat menjaga kebersihan dilingkungan rumahnya. Bersih artinya terhindar dari segala macam kotoran, termasuk diantaranya dari debu, sampah dan bau. Agar lingkungan terhindar dari segala macam bibit penyakit.

3. Ahli Gizi
Dapat memilah dan memilih bahan makanan dan pengolahan makanan yang tepat. Agar bisa memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang bagi keluarganya. Hingga dapat membentuk anak-anak yang sehat dan cerdas.

4. Keuangan
Keuangan rumah tangga bukan hanya monopoli para suami. Ibu dituntut untuk dapat mengatur arus keluar masuknya keuangan keluarga. Dapat menguasai manajemen keuangan keluarganya dengan baik. Bahkan dapat pula menghasilkan uang bagi keluarganya.

5. Manajemen Waktu
Hal ini sangat penting dalam keluarga, ibu dituntut untuk dapat memenej waktunya seefektif dan seefisien mungkin. Memberikan contoh disiplin bagi seisi rumahnya.

6. Guru
Menjadi ibu juga harus berwawasan luas, sehingga dapat menjadi teman berdiskusi bagi anak-anaknya dikala mereka sedang mengerjakan tugas sekolah (PR). Dapat pula mengajarkan pendidikan agama kepada anak-anaknya.

7. Psikologi
Ibu harus bisa memahami dan mengontrol keinginan anak, emosi anak, tingkah laku anak dan cara mengatasi dan menghadapi perilaku anaknya tersebut.

Sumber: bundainbiz.com

author