Perawatan yang Benar Bagi Bayi Baru Lahir

No comment 529 views

Pertanyaan klasik seputar cara perawatan bayi baru lahir seringkali dilontarkan oleh ibu ketika hamil maupun yang sudah melahirkan. Pertanyaannya seperti berapa kali si bayi harus dimandikan, lalu kenapa bokong si bayi berwarna merah, lalu apakah harus kita membersihkan lidah si bayi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, bacalah jawaban ahli tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering Anda lontarkan.

Merawat bayi bukan suatu pekerjaan yang sulit, jika Anda menikmati proses merawat bayi. Hati-hati jika Anda tidak merawat dengan baik dan benar serta tidak menjaga kebersihan si bayi, tubuh buah hati Anda akan rentan sekali terhadap penyakit. Lalu, bagian dari tubuh mana yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya? Inilah Bagian Tubuh Bayi yang Harus Dirawat :

Perawatan Mata Bayi

Perlu dilakukan pemijatan didaerah sekitar sudut mata agar aira mata yang membunuh kuman akan selalu berfungsi. Caranya, pijat menggunakan jari Anda yang tidak memiliki kuku yang panjang, bisa juga menggunakan cotton buds yang dibasahi dengan air matang. Pijat lembut kebawah dan ke arah hidung, pijat sekitar 5-10 kali. Gunakan kapas bersih yang sudah dibahasi dengan air matang untuk membersihkan tahi mata. Ingat! Selalu gunakan cotton buds dan kapas yang steril.

Perawatan Kulit Bayi

Kulit bayi juga harus selalu dibersihkan karena kulit merupakan sarang kuman. Bayi yang baru lahir juga sebaiknya dimandikan sehari sekali saja, karena bayi belum tahan dingin. Agar kulit si bayi menjadi lembab dan terhindar dari kekeringan, dianjurkan oleh dokter supaya diolesi dengan baby oil yang mengandung Vitamin E.

Atur juga temperatur ruangan atau kamar bayi senyaman mungkin, karena dapat menimbulkan biang keringat. Ventilasi udara harus baik jika anda tidak memiliki AC.

Perawatan Kulit Kepala Bayi

Kulit kepala bayi harus tetap sejuk dan kering, karena jika tidak akan ada kerak kepala yang hinggap di kepala bayi. Hati-hati jika kepala anak berkeringat, karena kerak kepala ini akan menjadi lebih berbahaya.

perawatan bayi baru lahir

Merawat Bayi Baru Lahir

Selain perawatan bayi diatas, ada juga bagian tubuh yang harus dirawat meliputi :

  • Tali Pusat
  • Rambut
  • Hidung
  • Telinga
  • Mulut
  • Kuku
  • Bokong

Sekian artikel tentang Perawatan yang Benar Bagi Bayi Baru Lahir, semoga bermanfaat.

author