Perawatan Tepat untuk Bayi Penderita Penyakit Kuning

Secara normal, umumnya bayi yang baru lahir akan mengalami perubahan warna kulit menjadi sedikit kekuningan. Hal ini disebabkan karena hemoglobin pada darah bayi belum dapat bekerja secara maksimal dalam mengikat oksigen dari udara. Pasalnya selama dalam masa kandungan kebutuhan oksigen bayi dipenuhi oleh ibu melalui plasenta, sehingga kemampuan hemoglobin dalam darahnya harus mengalami adaptasi dengan lingkungan yang berbeda diluar kandungan ibu. Oleh sebab itu agar dapat mengikat oksigen, dalam tubuh bayi akan terjadi pembentukan hemoglobin baru melalui proses pemecahan hemoglobin lama oleh organ hati yang menyebabkan kadar birilubin dalam darah meningkat. Nah proses inilah yang menyebabkan kulit bayi berubah menjadi kekuningan.

Kekuningan bayi yang terjadi akibat proses normal ini umumnya hanya akan terjadi sementara sampai kemampuan hemoglobin dalam darah bayi dapat bekerja secara baik. Oleh sebab itu ibu tak perlu kawatir berlebihan, ibu hanya perlu melakukan perawatan khusus untuk bayi kuning. Bagaina caranya?

kuning

Cara tepat merawat bayi kuning

  • ASI esklusif

Berikan ASI esklusif secara rutin setiap dua jam sekali. Dengan pemberian asi dalam jumlah banyak akan menyebabkan bayi sering buang air sehingga kadar bilirubin yang tinggi dalam tubuh bayi sedikit demi sedikt dapat ikut keluar.

  • Penjemuran

Menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi (sebelum jam 9) dapat membentu mengurangi kekuningan pada bayi. Hal ini dikarenakan sinar uv yang terdapat pada sinar matahari padi dapat bermanfaat untuk mengoksidasi bilirubin dalam darah bayi menjadi beleverdin yang lebih mudah dikeluarkan.

Cara – cara diatas tentunya merupakan cara perawatan terhadap bayi kuning yang sangat mudah dan murah untuk dilakukan. Namun jika masalah kekuningan ini tak kunjung teratasi dengan cara tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

author