Perlunya Deteksi Dini Pendengaran Bayi

No comment 461 views

Perlunya Deteksi Dini Pendengaran Bayi

KW: Deteksi pendengaran bayi

Pendengaran yang normal merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa yang tidak ternilai harganya. Akan tetapi, ada orang-orang tertentu yang tidak memiliki pendengaran yang normal. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti genitas atau kecelakaan, yang dapat terjadi sejak lahir maupun ketika beranjak besar.

Mengingat pendengaran sangat berguna dalam kehidupan ini, mencegah gangguan pendengaran merupakan hal yang sangat penting. Untuk mengantisipasi gangguan pendengaran sejak lahir, perlu dilakukan deteksi pendengaran dini. Deteksi dini ini dapat digunakan untuk mengetahui penyebab gangguan pendengaran anak, agar dapat dilakukan treatment lebih dini pula.

Penanganan dini akan lebih baik sebelum penyakit terlanjur parah. Oleh karena itu, dalam kurun watu kurang dari 24 jam, sebaiknya kesehatan telinga anak diperiksa. Pendeteksian dini gangguan telinga ini dilakukan kalau-kalau telinga bayi terganggu karena sisa cairan persalinan yang tertingga di telinga atau bayi yang terlalu aktif bergerak.

Jika penyebabnya adalah air persalinan yang tertinggal, dokter dapat melakukan penanganan dini dengan mengeluarkan cairan tersebut. Jika ganmgguan diakibatkan bayi yang terlalu aktif, dokter dapat membantu untuk menenangkannya. Walaupun sepele, pertolongan samacam ini sangat perlu dilakukan. Misalnay saja jika cairan persalinan itu lama di dalam telinga, dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pendengaran yang lebih serius.

Alat pendeteksi gangguan telinga ini disebut Oto Acoustic Emmission (OAE). Alat ini berbentk panel dengan dua saluran yang akan ditempelkan pada telinga bayi. Alat ini dapat mendeteksi gangguan telinga dengan sangat cepat, yaitu kurang dari satu menit, sehingga hasilnya dapat segera diketahui.

kuping

Sebenarnya, banyak hal-hal yang menyebabkan gangguan telinga pada anak. Mendeteksi gangguan telinga dini memang sangat penting. Mengetahui penyakit lebih dini untuk segera diberikan treatment memiliki peluang lebih besar sembuh dari pada yang sudah parah. Untuk itu, segera periksakan kesehatan telinga putra putri Bunda.

author