Permainan Mengasuh Bayi Yang Edukatif

No comment 1194 views

Perkembangan buah hati yang cenderung sangat cepat haruslah disikapi dengan memberikan pengasuhan yang tepat. Mulai dari mengatur pola makan hingga memilih permainan yang tepat bagi si kecil. Meskipun saat ini banyak sekali jenis permainan yang dapat dibeli, namun haruslah dipertimbangkan manfaat yang ditawarkan.

Dunia anak adalah dunia bermain. Maka, sebagai orang tua haruslah menyiapkan jenis perlengkapan bermain mereka yang mampu membentuk tingkat indera maupun otak anak. Jadi, tanpa mereka sadari, saat bermain pun sebenarnya mereka sedang belajar mengenai sesuatu. Sayangnya, banyak sekali orang tua memberikan gadget sebagai alat untuk bermain atau permainan mengasuh bayi yang memberikan reaksi kurang baik bagi perkembangan si kecil.

Permainan Mengasuh Bayi Dengan Gadget, Efektifkah?

permainan mengasuh bayiDi era serba terknologi canggih ini, memberikan gadget bagi anak bukanlah satu hal yang asing lagi terutama yang tinggal di perkotaan. Para orang tua beranggapan bahwa memberikan gadget akan membuat si kecil semakin menyukainya karena begitu banyaknya pilihan untuk bermain. Maka tak heran, jika akhir-akhir ini anak-anak lebih menyukai permainan modern dibandingkan dengan permainan tradisional.

Persoalannya adalah, apakah permaian mengasuh bayi dengan menggunakan smartphone memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan? Sayangnya, tidak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa kecenderungan anak yang suka bermain gadget akan mudah tersinggung. Rasa individualisme yang begitu besar membuat mereka juga enggan untuk bersosialisasi.

Bahkan, mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat permainan mereka tanpa menyadari kondisi di sekitar. Memang, pada satu waktu orang tua akan bangga dengan kepintaran si kecil menghidupkan gadget, namun disisi lain ia akan menjadi kurang pergaulan di tengah-tengah sahabatnya.

Itu sebabnya, kelebihan yang ditawarkan oleh perlengkapan elektronik haruslah dikontrol oleh para orang tua. Apalagi, berbagai fitur menarik terus ditambahkan oleh vendor yang bila diabaikan justru akan menjadi bumerang bagi orang tua. Belum lagi akses internet yang semakin murah akan mempermudah mereka dalam melihat dunia.

Jadi, sebelum terlambat, pilihlah permainan mengasuh bayi yang edukatif dan efisien serta mampu merangsang jiwa peduli mereka.

author