Permasalahan Ekonomi dalam Keluarga dan Masyarakat

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa ekonomi adalah tonggak yang menopang kehidupan manusia. Permasalahan ekonomi dapat  terjadi di setiap unit masyarakat mulai dari keluarga sampai negara. Mulai dari unit terkecil, masalah ekonomi dalam keluarga bisa membawa dampak positif maupun negatif bagi anggota keluarga tersebut. 

Masalah ekonomi lebih sering muncul karena ketidakmampuan keluarga tersebut dalam mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pengaruh yang diakibatkan oleh masalah ini sangatlah beragam. Mulai dari ketidakmampuan orangtua untuk membiayai pendidikan anak-anaknya, tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mulai dari makanan bergizi, pakaian layak pakai dan juga rumah yang sehat dan higienis. 

Banyak orang yang tidak tahan berada dalam himpitan ekonomi dan memutuskan untuk mencari jalan pintas. Tingkat kejahatan yang semakin tinggi salah satunya disebabkan oleh adanya tuntutan ekonomi dalam sebuah rumah tangga. Hal ini adalah sebuah kenyataan hidup dimana masalah yang terjadi dalam sebuah keluarga bisa menuntun pada masalah yang jauh lebih besar dan merugikan orang lain.

Tidak semua orang akan memilih jalan pintas dengan melakukan kejahatan. Banyak orang yang justru terpacu untuk bekerja lebih giat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Ajaran agama sangatlah berperan dalam hal ini untuk menuntun mereka agar bisa sabar menghadapi permasalahan yang ada dan tidak serta merta menempuh jalan kejahatan yang hanya akan merugikan semua orang termasuk diri mereka sendiri.

author