Pertolongan Pertama Anak Typus

No comment 521 views

Tidak hanya orang dewasa saja yang terkena penyakit typus, penyakit ini juga sering menyerang anak anak. penyakit typhus dikenal dengan nama thypus abdominallis. Typhus abdominallis merupakan penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Typhus merupakan salah satu bentuk salmonellosis yakni penyakit yang disebabkan oleh infeksi Salmonella. Inkubasi kuman penyebab typhus dapat terjadi melalui makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhosa. Kuman ini masuk melalui mulut terus ke lambung lalu ke usus halus. Di usus halus, bakteri ini memperbanyak diri lalu dilepaskan kedalam darah, akibatnya terjadi panas tinggi.

Panas yang sangat tinggi dapat membahayakan anak jika tidak segera ditangani. Panas tinggi dapat menyebabkan kejang (konvulsi) atau bahkan kerusakan otak yang permanen ( kelumpuhan, kelambatan mental, epilepsi dan linnya). Panas tinggi paling berbahaya bagi anak-anak kecil.

Pertolongan pertama apabila panas sangat tinggi (melebihi 40 oC):

– Tanggalkan seluruh pakaian anak biarkan telanjang.

– Kipasi

– Basuhlah tubuhnya dengan air dingin atau letakan kain yang telah dibasahi dengan air dinggin pada dada dan dahinya. Kipasi kain tersebut dan sering menukarnya agar kain tetap dingin.

-Lakukan ini terus menerus sampai panasnya turun ( dibawah 38 oC).

– Berikan minum air dingin

-Berikan obat penurun panas.

-Selanjutnya bawalah ke dokter.

author