Pertolongan Pertama Ketika Anak Digigit Binatang

Tidak jarang ketika Anda berkunjung ke rumah kerabat atau teman, Anda mendapati beberapa binatang piaraan yang lucu dan menggemaskan seperti kucing dan anjing. Yap memiliki binatang piaraan dirumah kini menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh sebuah keluarga. Bahkan dapat dikatakan telah menjadi sebuah trend atau hoby bagi masyarakat modern saat ini.

Memelihara binatang dirumah memang sangat menyenangkan, namun bukan berarti tanpa resiko. Binatang – binatang yang sudah sangat jinak sekalipun di dalam dirinya tetap terdapat insting buas, misalnya pada kucing dan anjing. Oleh sebab itu ada kalanya kita mendengar berita, ada anak – anak yang diserang atau digigit oleh binatang piaraan kesayangannya. Mengerikan bukan?

Diterkam atau digigit binatang piaraan tidak boleh dianggap remeh, apaliagi dispelekan. Dampak yang disebabkan oleh masalah ini bisa jadi sangat fatal dan tidak menutup kemungkinan dapat menghilangkan nyawa. Untuk itu ketika hal yang tidak di inginkan ini terjadi, Anda harus benar – benar mengetahui cara tepat melakukan pertolongan pertama pada gigitan binatang. Bagaimana caranya? Berikut kami akan coba memberikan panduan pertolongan pertama pada anak yang digigit binatang:

gigit

# Luka gigitan ringan

Untuk kasus ini hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tidak panik dan segera cuci luka anak dengan air bersih. Kemudian berikan antiseptik pembersih luka guna mencegah terjadinya infeksi. Setelah itu jika Anda kawatir akan masalah ini, segeralah bawa ke dokter untuk konsultasi dan tindakan penanganan yang lebih lanjut.

# Luka gigitan dalam

Untuk kasus kedua ini tentu kondisinya sedikit lebih serius, namun usahakan untuk tetap tenang dan tidak panik. Pertama tekan bagian disekitar luka anak untuk mengeluarkan darah kotor yang mungkin terkontaminasi kuman dan banteri dari gigitan binatang. Setelah itu tutup atau ikat dengan kain bersih guna menghentikan pendarahan yang terjadi. Selanjutnya segera bawa anak ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

author