Pertumbuhan Anak Lambat? Waspadai Penyakit Cacingan

Pertumbuhan anak yang lambat menjadi salah satu indikasi bahwa nutrisi dalam tubuhnya tidak terpenuhi dengan baik. Masalah nutrisi anak tentu tidak bisa lepas dari asupan makanan yang diberikan oleh orang tua. Umumnya keterlambatan tumbuh terjadi pada anak yang tidak mendapat asupan makanan yang baik, walaupun tidak semuanya demikian.

Seringkali kita masih mendengar keluh kesah seorang ibu yang anaknya lambat tumbuh, walaupun ia telah memberikan asupan makanan yang cukup setiap hari. Apa penyebabnya? Bisa saja si kecil mengalami penyakit cacingan. Yap penyakit cacingan memang sangat rentan menyerang anak – anak, khususnya bayi dan balita. Pola hidup yang kurang bersih menjadi salah satu penyebab utamanya. Misalnya saja setelah bermain ia langsung makan tanpa terlebih dulu cuci tangan. Hal ini sangat riskan menyebabkan bibit cacing yang mungkin menempel pada tangan anak ikut masuk keperut bersama makanan.

cacingan

Cacingan menyebabkan anak lambat tumbuh

Bibit cacing yang ikut tertelan tersebut kemudian akan tumbuh menjadi cacing yang akan tinggal di dalam usus dan menyebar ke tubuh anak melalui pembuluh – pembuluh darah. Nah cacing – cacing yang tersebar ini kemudian akan menyerap nutrisi dan sari – sari makanan yang seharusnya diserap oleh tubuh anak. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa anak tetap mengalami perlambatan pertumbuhan meskipun telah diberi asupan makanan yang cukup. Berbagai bentuk perlambatan pertumbuhan akibat penyakit cacingan ini antara lain berat badan anak tidak ideal, perut membuncit sedangkan bagian tubuh lain kurus, serta menurunnya nafsu makan anak.

author