Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Baru Lahir

No comment 485 views

Pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir tentu harus dimonitor dan selalu diawasi dengan baik oleh setiap orang tua. Dengan pengawasan yang baik, maka tentu saja setiap bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Juga, seorang bayi akan mendapatkan penanganan yang cepat ketika sedang berada dalam masalah. Berikut ini kami infomasikan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir dalam beberapa kategori anggota tubuh.

Kepala Bayi

Kepala bayi yang baru lahir mempunyai ukuran satu per empat dari tubuhnya dan jika ia berusia 2 tahun, maka kepala tersebut berukuran seperlima. Bentuk kepala bayi saat ia baru lahir tidak begitu sempurna karena terdapat tekanan ketika proses kelahiran sehingga bentuk kepala yang ia miliki agar berubah. Kendati demikian, otak bayi akan terlindungi dengan sempurna.

Mata Bayi

Mata bayi memang merah ketiak lahir, tentu saja hal ini normal karena hanya diakibatkan oleh kuatnya tekanan saat kelahiran. Dalam waktu beberapa hari, mata merah tersebut akan memudar dan kemudian menjadi seperti mata normal yang kita miliki. Juga, banyak bayi yang mempunyai mata seperti juling kea rah kelopak. Kendati demikian, ini merupakan hal yang wajar dan apabila 3 bulan bayi masih seperti itu, maka segera laporkan ke dokter.

Kulit Bayi

Seorang bayi tentu mempunyai kulit yang belum sempurna dengan warna kemerahan. Bahkan terdapat bayi mempunyai kulit dengan bercak merah, kuning, atau putih. Itu adalah sebuah hal yang biasa terjadi dan kulit bayi akan menjadi mulus setelah akhir bulan pertama.

Rambut lanugo Bayi

Pada umumnya, seorang bayi akan mempunyai rambut yang menutupi bagian tubuh ketika lahir. Rambut tersebut tumbuh halus di bagian kepala, dan agak kasar di bagian bahu serta punggung. Ini adalah kondisi yang wajar dan akan hilang ketika bayi berusia 1 hingga 2 minggu.

Itulah beberapa hal mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir yang bisa kami informasikan kepada anda. semoga membantu.

author