Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Bayi merupakan hadiah terindah yang kita peroleh dari Yang Maha Kuasa. Bulan-bulan awal sesudah kelahiran bayi yaitu bulan-bulan yang benar-benar indah dan bermakna. Pada bulan ketiga, bayi telah mulai aktif dan belajar beberapa hal seperti mengetahui serta membedakan muka ibu dan bapaknya. Perkembangan bayi 3 bulan mulai mengerti orang-orang disekitarnya.

perkembangan bayi 3 bulan

Bayi 3 usia bulan

Perubahan bayi 3 bulan sungguh cepat dan ia telah mulai mengamati benda-benda di sekitarnya dan mulai mau menyentuh benda itu. Sang bayi juga mulai lebih sadar dalam gerakanya dan gerak reflek bayi lalu rutinitas tangan menggenggam telah mulai hilang. Bayi telah mulai dapat menggerakan tangan untuk menyentuh benda-benda dan perubahan jarinya juga telah cepat. Pada umur 3 bulan bayi telah dapat melihat dan melambaikan tangan walaupun sedikit tak terukur.

Pada fase perubahan bayi usia 3 bulan, sang bayi butuh dipantau lebih ketat lantaran dia mulai memasukkan benda-benda yang diraihnya kedalam mulut. Pada usianya yang 3 bulan bayi mulai menyukai mendengarkan suara-suara asing dan suaranya sendiri. Pada fase ini, mainan bayi telah dapat diberikan dan sebaiknya diambil benda mainan yang terbuat dari karet dengan ujung yang tumpul. Tentukan juga mainan yg tidak di beri pewarna seperti cat dan juga tentukan mainan yang memiliki suara untuk melatih kepekaan telinga bayi. Untuk merangsang bayi supaya aktif, maka mainan itu dapat digantung diatas box tempat tidur.

Pada saat bayi berusia 3 bulan, maka sang bayi dapat dikenalkan ke dunia luar dengan membawanya jalan-jalan di sekitar rumah saja. Diluar itu, sebaiknya bayi juga diperdengarkan lagu-lagu lembut yang dapat merangsang perubahan otaknya. Bayi usia 3 bulan telah belajar menggumam dan suara-suara seperti P, B, dan M jadi gumamannya yang pertama. Janganlah heran jika bayi usia 3 bulan mulai dapat menyebutkan kata ibu atau ayah walaupun tetap kurang jelas. Bayi pada umur 3 bulan telah dapat diajak berkomunikasi dan langkah bayi berkomunikasi yaitu dengan menggerak-gerakan tanganya. Dia juga telah dapat mengekpresikan senang, sedih, dan tertawa. Bayi umur 3 bulan bakal mencapai apapun yang disodorkan kepadanya dan tertawa suka sembari kakinya menendang-nendang. Pada umur 3 bulan bayi telah dapat menanti ibunya untuk memberikan apa yang dia kehendaki. Diluar itu, bayi juga lebih jarang menangis. Bila lapar dan cuma merengek saja.

Kini anda telah mengerti Perkembangan Bayi 3 Bulan, semoga bermanfaat.

author