Pola Makan Sehat untuk Mencegah Anak Obesitas

Anak Anda memiliki berat badan diatas normal anak seusianya? Waspadalah resiko obesitas atau kegemukan bisa mengintai siapa saja, termasuk buah hati Anda. Obesitas sendiri bisa diarkikan keadaan berat badan seseorang yang secara tidak normal melebihi batas berat badan ideal yang disesuaikan dengan tinggi tubuh. Kelebihan berat badan ini biasanya disertai dengan terjadinya penumpukan lemak yang berlebihan pada jaringan tubuh.

Mengerikannya obesitas ini bisa memicu terjadinya berbagai komplikasi gangguan kesehatan. Mulai dari hipertensi, diabetes, hingga gangguan fungsi jantung adalah beberapa penyakit yang bisa muncul sebagai dampak dari obesitas.

Nah mengingat resiko obesitas yang bisa menyerang siapa saja, alangkah baiknya jika Anda sejak dini mulai mencegahnya. Apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah obesitas pada si kecil? Salah satunya adalah dengan memberlakukan pola makan sehat seimbang.

obesitas

Makanan sehat untuk mencegah obesitas

Makanan yang harus dikonsumsi untuk mencegah obesitas pada anak antara lain jenis – jenis makanan yang tinggi serat, rendah lemak, rendah kalori, seperti misalnya aneka sayuran hijau dan buah – buahan segar. Selain memperhatikan bahan makanan, cara pengolahan juga penting untuk diperhatikan dalam rangka mencegah terjadinya obesitas. Makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang adalah makanan yang baik untuk menghndari opesitas. Pasalnya cara memasak seperti ini dapat meminimalkan kadar minyak dalam makanan.

Selain makanan yang dianjurkan untuk mencegah obesitas, terdapat pula jenis – jenis makanan yang harus dihindari. Seperti misalnya makanan dengan kadar lemak, minyak, gula dan kalori yang terlalu tinggi, seperti misalnya junk food. Selain makanan ada pula minuman pantangan, seperti minuman bersoda, es sirup, dan es krim.

author