Pola Tidur Bayi 1 Bulan Untuk Pertumbuhannya

No comment 978 views

Bagi para orang tua, memastikan yang terbaik untuk bayi adalah prioritas yang utama karena sangat berhubungan dengan kesehatan dan pertumbuhannya. Salah satu aspek yang selalu diperhatikan adalah pola tidur terutama bagi bayi yang masih berumur satu bulan. Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang metode apa yang harus dilakukan, perlu diketahui bahwa pola dan lamanya tidur seorang bayi sangat dipengaruhi oleh usia dan tentu saja, tahap perkembangannya.

Kemudian, jangan pernah menyamakan pola tidur bayi 1 bulan dengan bayi tetangga meski memiliki usia yang sama karena sudah pasti terdapat perbedaannya. Namun, secara garis besar, pola tidur bayi 1 bulan haruslah memiliki jumlah kurang lebih 15 jam per hari. Dimana perhitungannya adalah waktu siang si kecil tidur kurang lebih tujuh jam, sementara pada waktu malam hari bayi harus mendapat waktu kurang lebih 8 jam.

Pola Tidur Bayi 1 Bulan : Sulit Tidur Malam?

pola tidur bayi 1 bulanTidak sedikit orang tua yang merasa kewalahan dalam menerapkan pola tidur bayi 1 bulan terutama pada malam hari. Tapi, tak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang dapat dilakukan guna memberikan kenyamanan pada si kecil untuk dapat tidur. Apa saja yang harus dilakukan?

Membedung : Cara ini dapat dilakukan dengan membungkus erat bayi agar memberi rasa nyaman dan kehangatan pastinya. Untuk mengetahui bagaimana cara membedung bayi, ada banyak sumber yang dapat dijadikan sebagai referensi. Jika dilakukan secara konsisten, lama-lama juga akan terbiasa.

Memijat : Pijatlah secara perlahan selama kurang lebih 15 menit sebelum waktu tidur. Gunakan baby oil yang aman untuk kulit bayi tanpa harus ditekan-tekan. Mengusap pada bagian tertentu juga bisa dilakukan untuk memberi relaksasi pada bayi.

Perlunya Pola Makan Yang Teratur

Dalam menerapkan pola tidur yang dianjurkan, si ibu juga wajib memastikan jika bayi dalam kondisi kenyang. Mengingat waktu tidur bayi yang tergolong lama, haruslah diketahui pemberian makan yang tepat. Hal ini mencegah bayi merasa gelisah dan tidak nyaman sehingga pola tidur bayi 1 bulan dapat terlaksana.

author