Posisi Tidur yang Nyaman Bagi Ibu Hamil

No comment 1102 views

Pada kehamilan trimester awal ibu hamil dapat tidur dengan posisi apa pun yang bisa memberikan rasa nyaman untuk dirinya sendiri, lantaran perutnya belum membesar. Ibu hamil umumnya mulai kuatir saat masuk trimester ke dua. Tetapi sesungguhnya ibu hamil tak perlu cemas.

posisi tidur ibu hamil
Mengapa? Lantaran sebenarnya badan ibu di buat demikian unik hingga bisa memberikan perlindungan bagi dirinya sendiri maupun bagi anak yang dikandung. Diluar itu, untuk janin dalam kandungan ibu hamil tak pernah merasa tidak nyaman lantaran keberadaannya mengapung dalam cairan ketuban serta memiliki area sendiri untuk bergerak bebas. Meskipun demikian ibu hamil juga mesti hati-hati dalam menentukan posisi tidur, seperti panduan di bawah ini :

Tidur Dengan Posisi Tengkurap
Posisi ini sebetulnya cukup aman buat ibu hamil. Namun umumnya pasca kehamilan trimester pertama, lantaran ada pembesaran payudara dan serta rangsang payudara yang lebih peka bakal menyebabkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Serta pada waktu dimana perut anda telah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap jadi amat tak nyaman lantaran anda mesti menyokong paha dengan bantal agar bisa tidur tengkurap lantaran perut yang mulai membesar.

Tidur Dengan Posisi Terlentang
Posisi ini di sarankan sesudah kehamilan 16 minggu ibu hamil tidak untuk tidur terlentang, lantaran dengan tidur posisi terlentang Anda bakal meletakan semua berat rahim ke sisi belakang, usus, serta vena cava inferior. Tidur posisi terlentang dapat juga menambah kemungkinan sakit pinggang, wasir, serta masalah pencernaan, serta mengganggu pernapasan dan aliran. Posisi tidur terlentang pada trimester ke dua dan ketiga dapat juga memengaruhi desakan darah. Untuk sebagian wanita, bisa mengakibatkan penurunan darah yang bikin mereka terasa pusing, untuk yang lain jadi menambah tekanan darah. Pada masalah kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi terlentang benar-benar tak disarankan.

Tidur Dengan Posisi Miring
Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menunjukan hasil Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman. Akan tetapi, disarankan oleh para dokter agar para ibu hamil tidur miring. Baik miring ke kanan, maupun miring ke kiri.

Tips : Anda dapat membeli bantal khusus bagi ibu hamil. Gunakanlah bantal ini untuk menyangga tubuh anda, letakkan diantara dengkul dan dipunggung anda. Hal ini membuat anda akan merasa nyaman.

 

Nah, sekian tentang Posisi Tidur yang Nyaman Bagi Ibu Hamil

author