Prosedur Memandikan Bayi

No comment 645 views

Memandikan bayi merupakan rutinitas yang wajib dilakukan oleh orang tua terutama ibu. Mandi adalah sebuah aktifitas untuk membersihkan tubuh dan memberikan kesegaran bagi si mungil, Maka dalam hal memandikan bayi ada banyak aktifitas yang menyenangkan serta menstimulasi berbagai kecerdasan dan keterampilan serta mengenalkan berbagai hal yang baru bayi sang bayi.

Mandi jelas merupakan kegiatan yang menyenangkan dan juga menyehatkan bagi bayi. Selain bisa mengangkat sisa-sisa keringat ataupun kotoran yang menempel di kulit, mandi juga membuat tubuh si bayi akan terasa lebih segar dan juga wangi. Ada beberapa tips dalam memandikan bayi dan juga beberapa cara memandikan bayi.

Berikut adalah cara memandikan bayi yang baik dan benar :

– Air hangat. Hal yang disiapkan dalam memandikan bayi adalah air hangat yang digunakan untuk mandi sang bayi. Cara memberikan air hangat dan juga mengecek kehangatan air untuk mandi sang bayi adalah pertamanya adalah dengan menuangkan air dingin dulu ke bak mandi si kecil, baru masukkan air panasnya. Cek juga kehangatannya dengan cara memasukkan siku tangan yang yang akan memandikan ke dalam air. Idealnya suhu untuk memandikan bayi adalah 37 derajat celcius. Air yang terlalu panas akan membuat kulit bayi menjadi merah dan tentunya pun akan membuat sangat tidak nyaman. Bila di rumah tersedia shower atau pun pancuran, atur sedemikian rupa sehingga air yang disiramkan ke tubuh bayi akan terasa hangat.

– Sesuaikan ember tempat memandikan dengan ukuran bayi. Ember yang terlalu kecil akan membuat bayi tidak dapat duduk dengan nyaman ataupun pergerakanannya akan terhambat serta tidak bebas. Isi air sebatas pinggang bayi saat duduk. Ini dilakukan pada bayi yang berumur 1 tahun ke atas yang sudah mulai bisa duduk.

– Menyediakan karpet anti selip. Karpet anti selip ini digunakan bila memandikan bayi di kursi mandi atau pun cara memandikan bayi sambil berdiri. Caranya yaitu dengan alasi terlebih dahulu lantai kamar mandi dengan karpet antiselip / bath mat sehingga tidak licin atau bergeser saat diduduki bayi.

– Mempersiapkan keperluan mandi bayi terlebih dahulu. Sebelum menyiapkan air mandi satu hal yang penting lagi dalam memandikan bayi adalah mempersiapkan dulu segala keperluan mandi si kecil. Dimulai dari sabun mandinya, sampo, minyak telon, handuk dan lain-lain. Taruh semua itu didekat ember (dalam jangkauan tangan) sehingga Ayah ataupun Bundanya tidak perlu meninggalkan bayi sendirian walaupun sejenak. Begitu selesai mandi, bungkus si kecil dengan handuk agar tak kedinginan, lalu pakaikan ia baju yang nyaman.

author