Rahasia Agar Dapat Tidur Nyenyak Berkualitas Setiap Hari

Tidur adalah salah satu bagian penting dalam siklus pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Tidur dapat mengistirahatkan tubuh sehingga dapat mengembalikan energi atau stamina setelah aktivitas padat yang memporsir tenaga. Selain itu tubuh seseorang membutuhkan tidur guna memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak.

Porsi tidur sehat yang disarankan adalah berkisar antara 6-8 jam perhari untuk orang dewasa. Selain kuantitas waktu tidur, ada hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni masalah kualitas tidur. Banyak orang mengeluhkan dengan masalah kualitas tidurnya, ada yang mengalami susah tidur sampai larut malam ada pula yang mengaku sering terbangun tanpa sebab. Bagaimana dengan tidur Anda? Agar tidur Anda nyenyak berkualitas sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut.

tidur nyenyak

Tips tidur nyenyak berkualitas

Cermati asupan makanan setiap hari Anda. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh beberapa jam sebelum waktu tidur. Asupan kafein dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Selain itu hindari pula mengkonsumsi makanan besar menjelang tidur.

Rajinlah berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin setiap hari akan membantu tubuh Anda merilekskan otot dan melancarkan perdaran darah sehingga dapat menghindarkan Anda dari stress. Ingatlah bahwa stress merupakan salah satu penyebab masalah tidur tidak nyenyak.

Pastikan suasana dan kondisi kamar Anda mendukung. Tidak dapat dipungkiri kondisi di dalam kamar juga turut mrnyumbang andil bagi masalah kualitas tidur Anda. Pastikan Anda menggunakan bantal yang nyaman dan memilih posisi tidur yang tepat. Selain itu pencahayaan yang sedikit redup akan membantu Anda lebih mudah tidur nyenyak. Bila perlu putar beberapa lagu klasik yang menenangkan hati sebagai pengantar tidur Anda.

author