Raja Dan Hujan

No comment 561 views

Terkadang orang melakukan pekerjaannya hanya dengan sikap dan penghargaan biasa saja, padahal sesungguhnya ada satu Pribadi yaitu TUHAN selalu memperhatikan dan mau menikmati semua yang terbaik yang kita lakukan, dan Ia menginginkan agar kita melakukan apa pun untuk kemuliaan-Nya.

Ada suatu cerita tentang seorang Raja yang ingin melihat-lihat keadaan negerinya dan penduduknya tanpa diketahui oleh siapa pun selain oleh pengawal-pengawalnya. Kemudian Raja itu menyamar dengan berpakaian sangat sederhana demikian pula dengan beberapa pengawal berpakaian biasa dan sederhana. Selanjutnya Raja itu berjalan-jalan menyusuri desa diikuti dari kejauhan oleh para pengawalnya supaya tidak terlalu menyolok. Kemudian sang Raja memasuki area pasar dan melihat-lihat situasi jual beli disana, sesekali ia bertanya tentang ini dan itu kepada beberapa orang.

Setelah selesai melihat-lihat keadaan dan kehidupan penduduknya, menjelang sore ketika menuju jalan pulang tiba-tiba turun hujan deras, kemudian Raja mencoba singgah di sebuah rumah dan mengetuk rumah itu. Dari dalam rumah keluar seorang pria setengah baya dan bertanya “anda siapa”? Raja menjawab “saya sedang dalam perjalanan pulang ke rumah di sebelah sana, bolehkah saya meminjam payung bapak, saya pastikan besok dikembalikan dengan utuh.” Kemudian bapak itu berkata “sebentar, saya ambilkan dulu” tanpa ia ketahui siapa sesungguhnya orang yang datang ke rumahnya. Di dalam rumah pria setengah baya yang hanya tinggal berdua isterinya berkata: “di luar ada orang yang mau meminjam payung, kita kasih yang mana ya bu”? Kemudian sang isteri menjawab “Kita kan punya dua buah payung, yang satu baru saja kita beli dan itu payung terbaik yang pernah kita miliiki, kasih aja payung yang lama.” Kemudian bapak itu menyahut “Ya bu! walaupun payung lama, dan ada sedikit bolong kecil, tapi masih bisa dipakai, kita pinjamkan saja yang lama.” katanya.

Kemudian sang bapak membawa payung lama itu keluar dan berkata pada raja “Ini pak payungnya, silahkan pakai.” “Terima kasih banyak, saya pastikan besok payung bapak pasti kembali, permisi.” kata raja itu, kemudian ia pergi melanjutkan perjalanan pulang. Keesokan harinya pengawal istana mendatangi rumah bapak tersebut dan mengetuk pintu sambil berkata “permisi.” Ketika bapak pemilik payung keluar, kaget melihat pengawal raja datang dan berkata “Ada apa pak pengawal, kami salah apa, kami tidak berbuat apa-apa,” katanya. Pengawal itu berkata “Tidak, bapak tidak salah.” Kemudian pengawal menjelaskan apa yang terjadi kemarin dan berkata “Ini pak payung bapak yang dipinjam Raja kemarin, dan ini ada bingkisan sebagai ucapan terima kasih dari Raja.” Begitu pengawal Raja pergi, bapak itu masuk dan menceritakan apa yang terjadi dengan isterinya, sesudah itu ia berkata “Kalau saya tahu itu Raja, pasti saya berikan payung yang terbaik.”

Jika Anda tersentuh dengan cerita di atas, tolong “share” cerita ini ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada cerita di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

(Sumber : inspirasijiwa.com)

author