Resep Makanan Sehat Kaya Nutrisi untuk Anak

No comment 591 views

kentang brokoli

Masa balita merupakan masa dimana sang buah hati membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh anak usia balita ini antara lain, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan serat. Anak dengan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang tentunya akan tumbuh dengan cepat dan sehat sesuai dengan periode atau tahapan normal pertumbuhannya.

Oleh sebab itu nutrisi tersebut harus sebisa mungkin dipenuhi oleh orang tua. Hal ini tentunya menuntut kreativitas seorang ibu untuk menyediakan menu makanan enak, menarik, dan kaya akan nutrisi. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit resep makanan sehat kaya nutrisi untuk anak.

Kentang Brokoli Saus Keju

Bahan utama:

  • 250 gram kentang
  • 300 gram brokoli segar
  • 2 sdm mentega

Bahan saus keju:

  • 1 sdm tepung trigu
  • 1sdm mentega
  • 400 ml susu cair
  • 150 gram keju lembut (parut)
  • Merica, garam, gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci kentang hingga bersih, setelah itu rebus sampai matang dan diamkan sesaat hingga cukup dingin. Selanjutnya potong – potong kentang bentuk dadu.
  2. Potong brokoli dengan ukuran kecil kemudian masukkan ke dalam air mendidh. Tunggu hingga mendidih kembali. Setelah mendidih angkat lalu tiriskan.
  3. Buat saus keju dengan cara berikut: panaskan mentega kemudian tuangkan tepung trigu dan aduk. Setelah itu tambahkan susu cair sedikit demi sedikit dengan terus mengaduknya hingga menjadi adonan lembut yang tercampur rata, kemudian tambahkan keju yang telah diparut aduk lagi sampai rata. Tambahkan merica bubuk, gula pasir, dan garam halus ke dalam adonan lalu aduk lagi hingga tercampur rata. Setelah tercampur angkat dan diamkan sesaat.
  4. Langkah selanjutnya, oleskan mentega pada sebuah pinggan tahan panas, lalu letakkan kentang dan brokoli diatasnya. Setelah itu siram dengan saus keju yang telah dibuat sebelumnya dan tambahkan taburan keju parut di atasnya. Selanjutnya panaskan dalam oven, tak perlu lama – lama.
  5. Angkat dan sajikan.
author