Resiko dan Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

No comment 518 views
Puasa Bagi Ibu Hamil

Puasa Bagi Ibu Hamil

Pada bulan Ramadhan, terkadang bunda yang hamil ragu untuk menjalankan ibadah puasa secara penuh. Karena khawatir terhadap keadaan janin yang ada di dalam tubuh. Hal ini karena merubah jadwal pola makanan yang biasanya, menjadi pola makan puasa. Lalu, apakah hal ini benar di mata dokter?

Menurut beberapa penelitian, puasa bagi ibu hamil memiliki resiko serta manfaat. Namun hal tersebut juga tergantung dari sang bunda sendiri bagaimana mengatur pola makanan. Nah, TipsAnak akan memberikan informasi mengenai apa saja resiko serta manfaat jika melakikan puasa bagi ibu hamil.

Mulai dari resiko, bagi ibu hamil yang pernag mengalami keguguran, mungkin puasa tidak dianjurkan. Karena dapat berdampak buruk bagi sang bunda. Apalagi jika pada awal hamil muda. Selain itu, pada saat kelahiran, ibu yang menjalankan puasa pada saat kehamilan beresiko melahirkan anak yang memiliki bobot sedikit dibawah normal. Bayi yang dilahirkan oleh ibu hamil yang berpuasa rata-rata memiliki bobot 3Kg.

Untuk manfaatnya, puasa bagi ibu hamil memiliki manfaat membakar lemak yang tidak dibutuhkan bunda. Selain itu, sang bunda akan bisa mengatur pola makanan sehat yang lebih efektif.

Resiko puasa bagi ibu hamil memang bisa dihindari dengan beberapa cara. Beberapa diantaranya adalah dengan mengatur pola makanan yang sehat, serta mengatur gizi yang masuk. Selain itu, usahakan konsumsi susu dan protein lebih banyak pada saat bunda berpuasa.

author