Sakit Mata Pada Bayi Apa Obatnya?

1 comment 1421 views

Siapa saja dapat terserang penyakit termasuk si kecil yang sangat rentan dengan segala jenis bakteri. Salah satunya adalah sakit mata atau bisa juga disebut dengan belekan yang pastinya akan membuat hati ibu menjadi sedih. Adanya sumbatan pada saluran air mata bayi menjadi penyebabnya yang dapat juga menghambat aliran air mata hingga ke rongga hidung. Genangan air yang terus menerus terjadi di sekitar matalah yang mengundang kuman penyebab infeksi.

Pengobatan yang dilakukan pun tidak bisa sembarangan mengingat ketahanan tubuh yang mereka miliki masih sangat lemah. Maka tak heran, ditengah kebingungan para orang tua, mereka kerap bertanya sakit mata pada bayi apa obatnya?

sakit mata pada bayi apa obatnya

Tidak sedikit para orang tua yang memberikan ASI untuk mengobati sakit mata yang dialami oleh si kecil. Mereka percaya kandungan ASI yang begitu tinggi merupakan obat alami yang pastinya tidak memberikan efek samping berbahaya ditimbang memberikan obat salep atau tetes mata. Satu hal yang layak dicoba sepanjang tidak berlebihan agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Atau, ada juga yang menggunakan bahan herbal yang mudah ditemukan di sekitar rumah seperti air rebusan sirih atau bunga teleng. Hanya saja, tidak semua anak memberikan hasil yang sama tergantung dari kondisi sakit mata yang dialami. Ada yang dengan mudah sembuh atau ada juga yang sulit sehingga harus benar-benar dipelajari terlebih dahulu penggunaanya.

Saat ini ada banyak produk kesehatan yang mampu mengobati sakit mata pada anak. Meskipun demikian, perlu diketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. Apakah aman atau malah menimbulkan infeksi pada kulit.

Untuk itu, sangat disarankan meminta saran medis dari dokter tentang obat yang layak untuk dikonsumsi. Hanya saja, pastikan dokter tersebut memiliki pengalaman yang cukup dalam menangani kasus seperti ini agar para orang tua tidak kecewa dan harus menggunakan pendapat dari dokter lainnya.

Namun satu hal yang pasti adalah memberikan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dapat mengurangi mereka dari segala macam jenis penyakit. Termasuk penyakit mata sehingga tak lagi bertanya sakit mata pada bayi apa obatnya.

author