Sarapan Apa yang Cocok Untuk Buah Hati Bunda?

10 bulan

Sarapan pagi merupakan kebiasaan baik yang harus Bunda tanamkan kepada Si buah hati. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat sarapan bagi anak, terutama ketika anak sudah mulai sekolah. Manfaat serepan tersebut antara lain untuk menyiapkan tenaga, yang gunanya untuk mendukung aktivitas anak yang bergam, serta membantunya untuk berfikir. Selain itu, sarapan juga sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi belajar disekolah.

Akan tetapi, dalam menyediakan sarapan, Bunda juga tidak boleh sembarangan menentukan makanan yang cocok untuk sarapan. Menurut Dr. Nasar idealnya sarapan untuk anak haruslah mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Selain komposisi makanan, jumlah asupannya pun juga harus diperhatikan. Jika tidak, salah-salah malah anak menjadi lesu dan tidak bersemangat untuk beraktivitas karena kekenyangan atau kebanyakan karbohidrat yang menyebabkan pencernaan bekerja ekstra. Menurut widya karya pangan (2004), dalam sarapan jumlah kalori yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Usia Berat badan Kalori per hari Protein per hari
1-3 tahun 12 kg 1220 kal 23 gr
4-6 tahun 18 kg 1720 kal 32 gr
7-9 tahun 23,5 kg 1860 kal 36 gr

 

Sarapan memang baik untuk kesehatan anak. Tetapi pada kenyataannya, banyak anak yang tidak mau sarapan. Hal ini dikarenakan oleh banyak hal yang salah satunya adalah kurang bervariasinya menu makanan yang disediakan. Oleh karena itu Bunda harus kreatif untuk membuat masakan sehat kaya nutrisi untuk anak.

 

 

 

 

author