Sarapan Bagi Anak Sekolah Penting Untuk Otak

Ibu, jangan pernah abaikan sarapan bagi si kecil . Mengapa? Menurut penelitian ditemukan bahwa anak yang menyantap sarapan mereka akan lebih memiliki konsentrasi yang tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan. Hal ini disebabkan sepanjang tidur malam, tubuh dan otak akan berkembang sehingga membutuhkan pasokan glukosa yang segar yang didapat dari makanan. Jadi bisa dibayangkan jika kondisi ini tidak terpenuhi hanya gara-gara malas untuk sarapan.

Sulit si kecil untuk melakukan aktifitas di pagi hari bukanlah alasan untuk tidak memastikan kebutuhan glukosa terpenuhi. Untuk itu, sangat direkomendasikan para orang tua untuk lebih aktif dalam menyajikan menu sarapan pagi. Dengan begitu mereka akan senang hati untuk menghabiskannya apalagi mengingat manfaat sarapan bagi anak sekolah.

Sarapan Bagi Anak Sekolah  : Pilih Menu Yang Mengandung Gizi

sarapan bagi anak sekolahMeskipun sarapan memang berguna untuk perkembangan otak,. namun bukan berarti memilih menu dilakukan secara sembarangan. Sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung gula terlalu tinggi karena mengandung glikemik. Adapun glikemik ini  akan membuat tingkat gula darah menurun secara drastis.

Oatmeal adalah jenis makanan yang baik untuk disajikan kala pagi hari karena sistem kerja yang dimiliki mampu menekan kenaikan gula dalam darah sehingga energi tetap terjaga. Makanan yang mengandung biji-bijian pun sangat disarankan karena tingkat glikemiknya tidak setinggi nasi.

Jika pun menginginkan menu yang bervariasi, usahakan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Hindari penggunaan minyak secara berlebihan karena membuat tubuh mudah lelah dan tidak bersemangat. Selain itu, proses pengolahan pun harus diperhatikan agar tidak menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan selama proses belajar.

Saat ini, banyak sekali referensi yang dapat dijadikan sebagai sumber dalam memilih menu yang tepat. Apalagi, bila menggunakan media online yang pastinya memberikan banyak informasi seputar jenis makanan apa saja yang dapat disajikan. Enaknya lagi, para orang tua juga akan diberi informasi tentang nilai gizi yang dimiliki oleh masing-masing bahan.

Bila perlu, bergabunglah dengan forum ibu yang pastinya akan menambah wawasan dalam mempersiapkan menu sarapan bagi anak sekolah.

author