Sebab Usus Buntu dan Hal Penting lainnya

No comment 585 views

Sebab usus buntu secara umum sulit untuk diketahui. Usus buntu merupakan sebuah peradangan yang tidak bsa diobati dengan terapi medis. Sehingga, usus buntu dianggap sebagai keadaan darurat medis. Ketika usus buntu tidak ditangani dengan cepat, maka usus bisa pecah serta menyebabkan infeksi bahkan kematian. Ada beberapa sebab usus buntu yang biasa terjadi pada tubuh manusia, antara lain sebagai berikut.

Penyebab apendisitis berkaitan dengan penyumbatan bagian dalam usus buntu, yang dikenal sebagai lumen. Penyumbatan ini disebabkan oleh kotoran serta menyebabkan peningkatan tekanan, gangguan aliran darah, dan peradangan. Jika penyumbatan ini tidak diobati maka usus buntu dapat pecah dan mengakibatkan infeksi serius.

Lebih jauh lagi, genetika mungkin mampu menjadi penyebab terjadinya usus buntu dimana seseorang yang mempunyai riwayat keturunan usus buntu bisa mendapatkannya kembali.

Luka trauma pada perut dapat menyebabkan usus buntu di sejumlah kecil orang.

Agar usus buntu dapat diketahui, maka sudah barang tentu seseorang harus mengetahui gejala yang ada. Berikut ini, ada beberapa gejala usus buntu yang biasa terjadi dan harus diketahui.

Nyeri di perut, pertama di sekitar pusar, kemudian pindah ke daerah kanan bawah

  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual
  • Muntah
  • Sembelit atau diare
  • Ketidakmampuan untuk buang gas
  • Demam rendah
  • Perut bengkak

Usus buntu juga mempunyai tipe tersendiri, di bawah ini, ada dua tipe usus buntu yang dinilai dari hebat dan tidaknya peradangan yang ada.

Tipe akut

Ini merupakan tipe yang ditandai dengan gejala usus buntu yang muncul secara mendadak. Sifatnya begitu hebat dan pasien yang mengalami kesakitan di bagian kanan bawah perut seperti ditusuk-tusuk.

Tipe kronik

Usus buntu yang kedua adalah tipe kronik. Merupakan usus buntu yang mempunyai gejala seperti sakit maag berkepanjangan dan tidak begitu membaik meskipun telah diberikan pemberian obat maag konvensional yang biasa ditemui. Gejala usus buntu tipe ini juga mencakup demam yang tidak terlalu tinggi selama berbulan-bulan.

Itulah beberapa hal penting tentang sebab usus buntu dan beragam hal lain yang perlu anda ketahui pada usus buntu.

author