Sebenarnya, baikkah memberikan Bedak Minyak dan Parfum untuk bayi?

Memandikan bayi, lalu memberinya bedak dan melumuri minyak di beberapa bagian tubuh bayi seolah telah menjadi suatu kebiasaan Ibu-ibu sejak dahulu hingga kini. Tujuannya adalah agar bayi tetap wangi dan merasa hangat. Memang hal ini sah-sah saja, akan tetapi benarkah bedak, minyak dan parfum baik untuk bayi?

bayi mandi

Untuk mengetahui hal itu, Bunda wajib menyimak jawaban tenatang baikkah memberikan Bedak Minyak dan Parfum untuk bayi? Jadi bedak dan minyak memang baik untuk bayi, tetapi jangan berlebihan memberikan bahan kimia pada bayi seperti memberikan parfum, lipstik, dan alat kecantikan orang dewasa lainnya.

Walaupun baik untuk anak, belum tentu semua bedak dan minyak tidak dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Oleh karena itu, Bunda tetap harus memperhatikan kriteria bedak dan minyak yang baik untuk bayi. Berikut adalah Cara memilih bedak. minyak dan peralatan lain yang aman untuk bayi menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia):

Bedak

Bedak yang aman adalah bedak yang terbuat dari mineral ringan seperti talcum, lembut, dan ringan. Cara menggunakannya adalah dengan menaruh bedak pada tangan lalu diusapakan tipis pada bagian tubuh bayi terutama di daerah-daerah lipatan yang telah kering. Hindari mengoleskan bedak pada daerah berlendir dan kulit yang terluka. Menggunakan bedak di bagian muka juga sebaiknya dihindari, karena bedak dapat terhirup hingga ke paru-paru.

Minyak angin

Minyak kayu putih dan minyak telon biasa digunakan untuk bayi agar bayi tetap hangat dan terhindar dari masuk angin. Memang benar, kedua minyak ini bekerja dengan cara memeperlebar pembuluh darah lokal sehingga timbul rasa hangat dan mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi, Bunda harus tetap berhati-hati, karena minyak ini merupakan bahan itritan pada kulit, sehingga jangan gunakan secara berlebihan.

 

author