Sedang Diet? Perhatikan Sumber Karbohidrat yang Tepat untuk Anda

Karbohidrat kompleks merupakan salah satu zat makanan atau nutrisi yang sangat diperlukan tubuh sebagai sumber energy. Ketika tengah melakukan program diet tentu Anda tak boleh mengabaikan nutrisi yang satu ini agar kondisi tubuh tetap fit, bugas, dan bertenaga. Namun dalam mencukupinya tentu Anda tak boleh sebarangan, karena asupan karbohidrat yang salah justru akan membuat program diet Anda tidak sukses. Untuk itu perhatikan betul jenis – jenis makanan sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh Anda.

Berikut ini beberapa jenis makanan sebagai sumberkarbohidrat yang tepat untuk diet Anda:

karbohidrat

  • Beras merah

Nasi dari beras sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol jahat, memperlancar pencernaan, serta dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan beras merah mengandung lapisan minyak yang kaya serat makanan dan selulosa. Selain itu mineral magnesium dan mangan juga banyak terkandung dalam bahan makanan ini.

  • Roti dengan Gandum utuh

Seperti halnya beras merah, karbohidrat kompleks yang dimiliki gandum utuh bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengusir kolestrol jahat, dan memberikan energy yang tahan lama untuk tubuh. Bedanya gandum utuh memiliki nilai plus karena juga kaya akan protein, multivitamin, dan mineral sehingga baik untuk kesehatan.

  • Oatmeal

Oatmeal juga merupakan bahan makanan yang kaya serat sehingga sangat baik untuk program diet Anda karena dapat memberikan energy yang tahan lama. Selain itu oatmeal juga berindeks glikemik rendah, kaya protein, dan baik untuk menjaga kadar kolesterol.

author