Selain Makanan, Ada juga Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil

Setiap orang tentu setuju untuk mengatakan bahwa kehamilan merupakan masa yang sangat rawan, sehingga seorang ibu harus ekstra hati – hati dalam mengawal masa – masa ini. Seorang ibu tentu tak boleh sembrono atau sebarangan dalam melakukan aktivitas sehari – hari, sekalipun untuk urusan makan.

Masalah makanan atau secara umum asupan nutrisi menjadi hal yang sangat – sangat penting ketika seorang ibu tengah memasuki masa kehamilan. Pasalnya apa yang ia konsumsi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kendungannya. Janin akan tumbuh sehat dan normal tatkala makanan yang diasup baik. Sebaliknya makanan yang kurang baik akan berpotensi mengganggu pertumbuhan janin bahkan membahayakan. Untuk itu ibu hamil tak boleh sebarangan dalam mengkonsumsi makanan.

bir

Ada banyak jenis makanan pantangan untuk  ibu hamil, misalnya makanan mentah, seafood bermercury tinggi (ikan hiu dan mackerel), makanan tinggi pemanis buatan, makanan terlalu pedas atau asam, serta berbagai jenis junk food.

Selain makanan, ada juga jenis minuman yang sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Apa saja minuman pantangan untuk ibu hamil? Ada banyak sekali, diantaranya yakni minuman berkafein tinggi seperti kopi, coklat, teh, dan minuman berenergi. Selanjutnya minuman beralkohol seprti bird an anggur, minuman jenis ini dapat menghambat pertumbuhan otak janin sehingga ketika lahir petumbuhan intelektualnya akan sedikit lambat. Beberapa jenis jus juga dilarang bagi ibu hamil, alasannya adalah jus dibuat dari buah dan syur segar yang mentah sehingga ditakutkan bahan tersebut masih mengandung zat – zat kimia seperti pestisida.

Nah tahukan beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi ibu hamil? Untuk itu berpandai – pandailah memilih makanan dan minuman yang baik dan sehat sehingga pertumbuhan janin dalam kandungan Anda dapat berlangsung secara normal dan sehat.

author