Sex Education Dasar untuk Anak

No comment 1326 views

Santar terdengar di berbagai media, baik media cetak maupun elektronik tentang banyaknya kasus pelecehan yang dilakukan oleh orang dewasa, maupun teman sebaya. Bahkan yang tidak kalah mencengangkan bahwa kejahatan seksual juga sering kali terjadi di sekolah-sekolah seperti yang belum lama terjadi, yaitu pelecehan seksual di Jakarta International School yang dilakukan oleh oknum guru. Betapa tidak mengejutkan, sekolah yang seharusnya sebagai tempat perliundungan dan guru sebagai pendidik yang seharusnya menanamkan karakter serta ilmu kepada siswanya, justru berbuat semacam itu.

Diatas hanya merupakan salah satu contoh saja, karena masih banyak kasus pelecehan seksual terhadap anak lainnya yang mungkin belum terjamah informasinya. Kejahatan seksual ini mengancam anak dimanapun, baik dirumah, disekolah, tempat bermain, dan sebagainya. Oleh karena itu, orang tua harus turut berperan untuk mencegah pelecehan seksual terjadi pada anak. Salah satu cara untuk menghindarkan anak dari ancaman pelecehan seksual adalah sex education.

cara menegur

Sex education perlu ditanamkan ketika anak masih usia dini. Cara mengajarkan pendidikan sex kepada anak antara lain:

1. Memberikan pengertian tentang gender

Hal ini penting, caranya adalah dengan mengajak anak untuk mengenal dirinya sendiri serta membedakan laki-laki dan perempuan.

2. Memberi tahu anak mengenai organ-orrgan tubuh

Orang tua hendaknya memberi tahu bagian tubuh mana saja yang boleh dipegang dan dilihat oleh orang lain, serta yang tidak.

3. Membiasakan anak untuk menceritakan semua yang dialami seharian

Orang tua sebaiknya menanyakan aktivitas anak serta kejadian-kejadian di sekolah setiap harinya. Hal ini penting agar anak terbuka dan kalau terjadi apa-apa orang tua segera tahu.

4. Mengajarkan untuk mencari ornag dewasa ketika ada yang mencurigakan serta tidak pergi-pergi sendirian

Anak diajari untuk melapor serta mencari perlindungan orang dewasa ketika dalam bahaya,

Sex education sangat penting bagi anak. Hal ini karena banyaknya pelecehan seksual untuk anak yang akan menimbulkan dampak-dampak buruk pelecehan seksual pada anak. Selain pendidikan sex, cara mendidik secara agama juga diperlukan.

author