Si Kecil Pemalu? Ini yang Harus Anda Lakukan

No comment 891 views

Apakah anak Anda seorang yang pemalu? Rasa malu sebenarnya merupakan salah satu sikap alamiah yang pasti dimiliki oleh setiap anak, hanya saja kadarnya tentu berbeda – beda. Rasa malu yang berlebihan itulah yang dapat dipandang sebagai sebuah masalah. Pasalnya anak seperti ini biasanya akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan teman maupun lingkungan sekitarnya.

Adapun sikap pemalu yang timbul pada diri anak ini sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, namun utamanya adalah disebabkan oleh bentuk pola asuh dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Oleh sebab itu dalam mengatasi masalah ini peran orang tua dan keluarga tentu yang paling diharapkan. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi anak pemalu?

malu

Tips mengatasi anak pemalu

Beri motivasi dan dukungan kepada anak

Sadari sejak dini setiap perkembangan yang terjadi pada anak Anda, jika memang ia telah menunjukkan gejala sikap pemalu segeralah mengambil tindakan. Berikan anak motivasi atau dorongan dengan sekadar memberikan pemahaman bahwa tidak ada yang berbeda dari dirinya dengan anak lain. Katakan pula kelebihan – kelebihan yang ia miliki guna menambahkan keyakinannya bahwa ia adalah anak yang hebat dan tak perlu merasa malu dengan yang lain. Selanjutnya bangun keberanian dan kepercayadiriannya dengan cara – cara sederhana, misalnya dengan memintanya untuk mengantarkan atau membeli sesuatu ke tempat tetangga. Dengan demikian anak akan sekaligus belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Kenalkan si kecil dengan lingkungan atau hal – hal baru

Anak pemalu biasanya akan sangat enggan melakukan hal – hal baru yang belum pernah ia lakukan dan temui sebelumnya. Untuk itu diperlukan kegigihan orang tua untuk membujuk si kecil agar tertarik dan mau melakukannya. Yang terpenting disini adalah ketika Anda membujuk anak, usahakan untuk selalu melandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang serta jangan pernah memaksanya. Hal – hal atau lingkungan baru yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa malunya antara lain seperti kelas menari, olah raga, dan berbagai keterampilan lain yang menuntutnya untuk tampil dimuka umum. Dengan hal – hal seperti ini sedikit demi sedikit rasa malu pada diri anak akan dapat berkurang.

author