Si Kecil Tiba – Tiba Menangis? Mungkin Ini Penyebabnya

Salah satu cara banyi untuk mengkomunikasikan apa yang ia rasakan adalah dengan menangis. Yap menangis merupakan komunikasi verbal pertama yang dapat dilakukan oleh seorang bayi. Dengan cara inilah ia mencoba memberitahukan kepada orang disekitarnya bahwa ia tengah merasakan sesuatu yang berbeda terjadi pada dirinya. Melalui tangisan pula bayi mengutarakan apa yang ia kehendaki.

Sayangnya apa yang dimaksudkan bayi melalui tangisan sering kali sulit diinterpretasikan. Terlebih oleh ibu muda yang masih minim pengalaman dalam mengurus dan mengasuh bayi. Lantas apa sih yang umumnya menyebabkan bayi rewel atau menangis?

rewel

Penyebab utama bayi tiba – tiba menagis

  • Lapar atau haus

Penyebab pertama dan paling lazim adalah bayi sedang dalam keadaan lapar. Berbeda dengan orang dewasa, bayi sama sekali tidak dapat menahan rasa laparnya sehingga ia akan segera menangis jika memang telah merasakan lapar. Untuk itu ada baiknya jika Anda menyusui si kecil minimal tiap 2 jam sekali agar ia tetap dalam keadaan kenyang sehingga tidak akan menagis tiba – tiba.

  • Mengantuk

Sama halnya ketika lapar, pada saat mengantukpun bayi biasanya akan gelisah dan cenderung rewel. Untuk itu jika Anda telah mendapati bayi mulai lelah atau menguap, cobalah timang – timang dan buat ia tertidur. Selain itu membuat jadwal tidur bayi secara rutin juga dapat Anda lakukan untuk menjegah bayi rewel akibat mengantuk.

  • Popok basah

Kulit bayi sudah mampu merasakan perubahan yang terjadi disekitarnya, termasuk ketika popok yang ia kenakan basah. Bayi umumnya akan rewel sambil memegangi popoknya ketika hal ini terjadi. Sebagai seorang ibu hendaknya Anda peka terhadap hal – hal seperti ini dan segera ganti popoknya dengan yang kering.

  • Perut kembung

Perut kembung merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang umum dialami bayi. Penyebabnya adalaha terlalu banyak gelembung udara yang ikut masuk bersama ASI selama kegiatan menyusu. Perut kembung akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut bayi sehingga menyebabkan ia sering rewel atau menangis. Info lebih lengkap mengenai cara mengatasi perut kembung bayi baca : cara mengatasi perut kembung pada bayi.

  • Tumbuh gigi

Tumbuhnya gigi pertama sering kali dapat menyebabkan gusi bayi terasa sakit. Inilah sebabnya kebanyakan bayi sering menangis atau rewel ketika gigi mereka mulai tumbuh. Raba pada bagian gusi bayi untuk memastikan apakah penyebab ia rewel adalah tumbuhnya gigi.

  • Tidak enak badan

Hal ini tentu merupakan penyebab yang dapat dimaklumi. Umumnya ketika bayi merasakan ada perbedaan yang terjadi pada dirinya seprti demam, flu, pusing, dan sebagainya, seketika itu pula ia akan menangis.

author