Siapkan Menu Makanan Bayi 8 Bulan Tanpa MSG

No comment 896 views

Bayi akan terus berkembang sesuai dengan pertambahan usia mereka yang tentu saja harus dibarengi dengan kebutuhan nutrisi yang tidak sama lagi dengan usia sebelumnya. Hal ini penting mengingat aktifitas dan reaksi tubuh mereka kian menunjukkan perkembangan. Sebut saja bayi yang berusia 8 bulan, dimana di usia tersebut beberapa respon sudah ditunjukkan, maka pemenuhan makanan sehat haruslah dipenuhi.

Memberikan makanan sehat dan bergizi adalah satu keharusan yang tidak bisa diabaikan. Namun, tidak sedikit juga orang tua yang terkesan tidak peduli dengan “rasa” sehingga terkadang si kecil tak mau untuk menghabiskan makanannya. Terakhir, mereka mengambil jalan pintas yaitu menggunakan bahan tambahan lainnya seperti MSG. Tentu saja, mempersiapkan menu makanan bayi 8 bulan dengan cara tersebut tidak dianjurkan.

Menu Makanan Bayi 8 Bulan : Hal Yang Harus Dipersiapkan

menu makanan bayi 8 bulanLantas, adakah cara terbaik untuk menyiapkannya namun tetap memiliki rasa yang disukai bayi? Tentu saja jawabannya ada apalagi di era internet sekarang ini dimana informasi begitu banyak diberikan dari beberapa situs. Tak hanya jenis makanan apa saja yang layak untuk disiapkan, atau jenis bahan makanan apa saja tapi juga resep atau cara membuatnya. Adapun bahan yang paling banyak dianjurkan adalah sayuran dan buah segar yang mudah ditemukan di pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional.

Kemudian, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengatur jadwal untuk memberi makan si kecil. Memvariasikan pemberian mulai dari susu, biskuit, buah, bubur saring, ASI, kemudian bubur susu hingga ASI adalah hal penting yang diatur waktunya. Dengan begitu, si kecil tidak akan mengalami gangguan pada pencernaan akibat perut lapar.

Satu hal lagi, jangan abaikan kebersihan baik dari bahan makanan hingga peralatan yang digunakan. Lebih baik, pisahkan segala perlengkapan dalam menyiapkan menu makanan bayi agar tidak bercampur dengan makan orang dewasa. Bila perlu, rebus terlebih dahulu untuk memastikan bebas dari bakteri.

Tidak sulit bukan untuk menyiapkan makanan bagi si kecil tanpa harus menggunakan bahan tambahan seperti MSG. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak memberikan yang terbaik kepada si kecil melalui makanan.  Lagipula, menu makanan bayi 8 bulan sangat penting guna memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

author