Solusi Bayi Susah Minum Susu

2 comments 1178 views

Susu merupakan sebuah kebutuhan penting yang sejatinya tidak boleh terlewatkan. Namun, bagaimana jika bayi susah minum susu? Tentu saja ini merupakan masalah besar pada setiap orang tua. Seorang bayi dengan usia lebih dari satu tahun, tentu saja memerlukan nutrisi yang jauh lebih besar dan mereka harus mendapatkan nutrisi tambahan selain dari ASI. Salah satu nutrisi tambahan tersebut adalah susu formula.

Sebagian besar kondisi memang memberikan fakta bahwa bayi dapat mengkonsumsi susu formula dengan baik. Namun, pada kenyataannya beberapa bayi mengalami kondisi yang berbeda. Seorang bayi bisa sangat tidak menginginkan susu formula dan bahkan sama sekali tidak mau menyentuhnya. Bagaimana solusinya? Anda bisa baca melalui beberapa poin berikut.

Berikan susu dengan tampilan bervariasi

Bayi tentu saja mengenali susu dari warna yang diberikan. Ketika ia mengetahui bahwa warna putih adalah susu, maka bayi tersebut tentu saja sudah mengerti dan ia enggan meminumnya. Cobalah untuk memberikan susu dengan warna yang berbeda. Karena saat ini, sudah begitu banyak susu dengan warna cokelat, stroberi dengan warna pink, melon dengan warna hijau, dan masih banyak lagi.

Masukkan susu ke dalam olahan makanan

Sebuah susu dapat dicampurkan ke dalam makanan berupa sereal, bubur, dan beberaa jenis makanan bayi lainnya. Cara ini bisa membuat bayi lebih berminat dan mereka tidak mengetahui bahwa di dalam sereal tersebut terdapat susu kental yang siap untuk meningkatkan nutrisi.

Gunakan makanan lain

Kandungan susu yang paling utama tentu kalsium, vitamin, dan beragam mineral penting. Namun, sangat disayangkan apabil bayi Anda enggan untuk mengkonsumsi susu. Untuk itu, Anda perlu melakukan variasi nutrisi dengan membuat makanan yang kandungannya sama dengan susu. Misalnya, Anda bisa mengganti kalsium susu dengan makanan laut, zat besi dengan bayam, dan masih banyak lagi.

Anak Anda mungkin tidak cocok dengan susu sapi

Perhatikan reaksi anak Anda. Mungkin saja ia mengalami alergi ketika susu sapi diberikan. Tentu saja, gejala ini akan tampak sejak awal dan Anda wajib untuk mencari alternatif susu sapi dengan susu lainnya yang tingkat molekul proteinya cocok untuk pencernaan bayi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika bayi susah minum susu.

author