Solusi Cerdas Atasi Anak Susah Makan

No comment 590 views

Apa yang dikawatirkan ibu ketika anaknya mulai tumbuh aktif? Tentu ada banyak sekali hal yang dikawatirkan dan salah satunya adalah asupan nutrisi si buah hati. Pasalnya tak jarang anak yang memasuki usia tumbuh aktif sibuk dengan dunia barunya dan kehilangan selera makan.

Anak yang susah makan tentu menjadi masalah tersendiri untuk seorang ibu, karena melalui makananlah asupan nutrisi untuk tubuh anak dapat terpenuhi. Sehingga ketika anak susah makan, asupan nutrisi tersebut akan terganggu. Untuk itu masalah ini harus segera dicari solusinya, agar tak mengganggu proses tumbuh kembangnya. Lantas bagaimana caranya? Simak beberapa tips bermanfaat berikut ini.

susah makan

Tips Atasi Anak Susah Makan

  • Berikan variasi makanan berbeda dari biasanya

Rasa ingin tahu anak yang sedang tumbuh tergolong sangat besar, untuk itu Anda dapat manfaatkan hal ini untuk mengatasi masalah susah makannya. Caranya dengan menghadirkan sesutu yang baru pada menu makannya, baik itu dari jenisnya, tampilannya, maupun aromanya. Dengan adanya variasi yang berbeda ini diharapkan anak akan tertarik untuk memakannya.

  • Ajak anak berperan aktif dalam menyiapkan makanan

Ajak si kecil untuk turut berpartisipasi dalam menyapkan makanan. Hal seperti ini diharapkan akan memunculkan rasa bangga dengan apa yang telah ia lakukan bersama ibundanya, sehingga ia dengan sendirinya akan tertarik untuk makan. Namun yang harus diperhatikan adalah buatlah suasana menyiapkan makanan aman untuk si kecil, jauhkan benda – benda yang berbahaya dari jangkauan anak.

  • Buat suasana makan bersama keluarga menyenangkan

Makan rame – rame di ruang keluarga sambil berbagi cerita tentu akan membuat anak merasa senang dan nyaman. Dengan kondisi seperti ini tentu anak akan lebih mudah dibujuk untuk ikut makan bersama – sama. Untuk itu membuat suasana makan keluarga bersahabat untuk si kecil merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

author