Solusi Masalah Sulitnya ASI Keluar

No comment 808 views

Memiliki buah hati dalam keluarga merupakan hal yang sangat membahagiakan terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Tidak cukup memiliki bayi lalu bahagia. Sebagai karunia Tuhan, bayi harus dirawat dengan sangat baik. Salah satu cara merawat bayi adalah dengan memberi ASI

Pemberian ASI pada bayi merupakan hal yang sangat penting. Susu alami yang bergizi seimbang ini memang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Meskipun begitu, masih banyak juga orang tua yang kurang peduli dengan hal ini. Akhirnya kesempatan emas anak untuk mendapatkan nutrisi serta imunitas terbaik pun dikorbankan.

asi

Ada banyak alasan mengapa ibu tidak dapat menyusui anaknya. Disamping itu, ternyata ada juga solusinya. Para dokter anak, merekomendasikan untuk memerah ASI sebagai solusi kesulitan keluarnya ASI. Berikut alasan-alasan direkomendasikannya memerah ASI:

  1. Diperlukan untuk merangsang keluarnya ASI ketika susu membengkak, puting susu lecet, dan bayi tidak bisa minum.
  2. ASI diperah untuk mensiasati Ibu yang tidak dapat terus bersama bayi ketika waktu minum bayi.
  3. Memerah ASI yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan produksi ASI.

 

Sudah jelas mengenai alasan direkomendasikannya Ibu untuk memerah ASI. Setelah itu, Bunda harus memahami cara memerah ASI yang benar. Sebagai tambahan pada saat memerah ASI, sebaiknya payudara dikompres denan air hangat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI.

ASI yang sudah diperah tidak boleh dibiarkan terbuka dalam gelas begitu saja. Hal ini dikarenakan ASI dapat terkontaminasi bakteri dan warnanya pun dapat berubah menjadi merah. Oleh karena itu, setelah proses pemerahan, ASI dimasukkan ke dalam kantong plastik yang memiliki perekat pada ujungnya. Setelah itu, masukkan ke dalam kantong besar agar tidak pecah. Jangan lupa pula untuk melabeli tanggal dan jam waktu ASI diperah.

author