Solusi menangani anak kesulitan belajar

No comment 1555 views

Memantau kegiatan belajar dan akademik anak bukan hanya tugas guru disekolah. Baik atau tidaknya prestasi anak juga dipengaruhi oleh kesahariannya di rumah, misalnya saja jadwal belajar anak, jadwal menonton tv dan sebagainya. Peran orang tua menjadi sangat penting untuk megawasi kegiatan belajar anak di rumah. Dengan selalu memantau belajar anak, orang tua juga akan cepat mengetahui jika anak mengalami kesulitan belajar.

belajar
Diagnosis dini ini akan mempercepat anak keluar dari masalah kesulitan belajar. Jika hal ini tidak segera dilakukan, anak akan semakin malas dan membuat pemikiran sendiri bahwa belajar adalah sesuatu yang berat, tidak menyenangkan, dan stress. Belum lagi tanggapan dar orang-orang disekitarnya yang melabeli anak tersebut “bodoh”, “nakal”, atau “malas”, yang justru akan membuat anak tidak lagi percaya diri untuk bangkit.

Hal yang perlu Bunda lakukan jika menemui anak mengalami kesulitan belajar adalah segera meminta bantuan dokter anak, psikolog, guru, dan terapis. Konsultasikan anak untuk mendapatkan treatment yang disepakati bersama. Buatlah jadwal anak dan terapis untuk melakukan bimbingan belajar sesuai dengan kebutuhan.

Gangguan belajar pada anak sangat mungkin disembuhkan, walaupun dalam proses lama. Akan tetapi, satu hal yang perlu Bunda yakini bahwa anak memiliki bakat masing-masing. Jika akademiknya memang kurang baik, tentu anak tersebut memiliki bakat lain. Oleh karena itu, Bunda juga harus menggali dan menemukan cara untuk mengembangkan bakat-bakat-bakat anak.

author