Solusi Terbaik untuk Masalah Sakit Kepala Anak

Sakit kepala mungkin merupakan sebuah masalah umum yang banyak dialami oleh seseorang, tak hanya orang dewasa namun juga anak – anak. Sakit kepala dapat disebabkan oleh kurangnya asupan air putih sehingga menyebabkan dehidrasi atau juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi akibat ketidakteraturan makan yang berakibat pada menurunnya kadar gula dalam darah.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi masalah sakit kepala ini, namun apapun penyebabnya yang jelas sakit kepala ini sangat mengganggu penderitanya dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Selain itu sakit kepala pada anak juga dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan sehingga dapat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangannya.

sakit kepal

Oleh sebab itu masalah sakit kepala pada anak ini sebisa mungkin harus segera diatasi. Bagaimana caranya? simak ulasan berikut ini.

Cara aman atasi sakit kepala anak

  • Beristirahat atau tidur

Ketika anak Anda tengah mengalami sakit kepala yang cukup berat, usahakan untuk membuatnya tidur. Tidur yang berkualitas dengan suasana yang tenang dan dengan diiringan alunan musik lembut dapat membantu meredakan sakit kepala anak.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang

Mencukupi kebutuhan nutrisi anak merupakan salah satu upaya yang dapat menunjang penyembuhan sakit kepala anak. Dengan nutrisi yang tepat dan seimbang maka anak akan memiliki tingkat imunitas atau kekebalan tubuh yang baik sehingga akan memiliki energi tambahan untuk melawan berbagai jenis gangguan kesehatan,  termasuk sakit kepala.

  • Pijat refleksi

Malakukan pijat refleksi pada bagian telapak tangan, tepatnya pada bagian sela – sela ibu jari dan jari telunjuk dapat meringankan bebang akibat sakit kepala sehingga dapat menunjang kesembuhan. Namun yang menjadi sedikit catatan, Anda harus mengetahui dasar – dasar pijat refleksi sehingga tidak terjadi kesalahan ketika melakukan pemijatan.

  • Minum obat pereda sakit kepala

Ini merupakan cara terakir apabila cara alternative tidak mempan melawan sakit kepala anak. Konsultasikan sakit kepala anak Anda ke dokter dan mintalah resep obat yang tepat  atau sesuai untuk si buah hati. Usahakan untuk tidak sebarangan memilih obat tanpa rekomendasi dokter, karena hal tersebut sangat berbahaya.

Demikian beberapa tips sederhana melawan sakit kepala anak. Jagalah selalu kesehatan anak dan keluarga Anda, mulailah dengan pola hidup bersih dan sehat maka Anda akan terhindar dari segala macam jenis penyakit.

author