Solusi untuk Redakan Pembengkakan Kaki pada Ibu Hamil

Kaki bengkak atau yang disebut dengan istilah edema merupakan sebuah gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan oleh hampir setiap ibu hamil, hanya saja tingkat keparahannya berbeda – beda. Pembengkakan ini biasanya mulai terjadi ketika usia kandungan memasuki trimester akhir dan umumnya terjadi pada bagian tungkai atau mata kaki. Pembengkakan ini dipicu oleh terjadinya perubahan hormone dalam tubuh sehingga menyebabkan penggumpalan dan tertahannya cairan dalam jaringan tubuh bagian bawah atau kaki.

Edema pada ibu hamil ini merupakan sesuatu yang normal sehingga tak perlu terlalu dicemaskan. Pembengkakan ini biasanya hanya akan menimbulkan rasa pegal dan sedikit rasa tidak nyaman, namun secara umum tak ada bahaya yang terbilang serius dari masalah ini.

bengkak

Nah meskipun demikian tentu tak ada salahnya jika pembengkakan ini coba diredakan. Ada beberapa cara yang dapat dijadikan solusi untuk masalah edema pada ibu hamil ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Beristirahat dengan posisi kaki sedikit lebih tinggi tubuh. Caranya ketika sedang berbaring, ganjal kaki Anda dengan bebrapa bantal, hal ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah pada kaki.
  2. Berbaring dengan posisi miring kekiri. Dengan posisi ini memungkinkan tekanan pada aliran darah akan sedikit menurun dan pembengkakan dapat sedikit berkurang.
  3. Hindari aktivitas duduk dengan menyilangkan kaki. Hal ini dapat menghampat kelancaran aliran darah disekitar kaki sehingga dapat memicu pembengkakan yang lebih parah.
  4. Olah raga secara teratur. Sebagaimana yang telah diketahui olah raga memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain untuk menyegarkan badan olah raga juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Utnuk ibu hamil pilih olah raga ringan seperti berjalan santai dan berenang.

Demekian beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meredakan pembengkakan kaki selama masa kehamilan akhir.

author