Stimulasi dan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

No comment 1052 views

Bagi para orang tua, menikmati perkembangan si kecil adalah momen yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada banyak cerita serta kelucuan yang pastinya tidak akan terlupakan sehingga tak sedikit yang menyimpannya dalam foto kenangan. Satu hal yang wajar apalagi bagi pasangan yang baru memiliki anak di tengah keluarga.

Salah satu hal yang dicermati adalah perkembangan bayi usia 3 bulan dimana pada usia tersebut banyak sekali terjadi perubahan. Sebut saja cara mereka berkomunikasi, reflek si kecil terhadap keinginan hingga gerakan tubuhnya. Bahkan, tidak sedikit para orang tua yang mulai memperkenalkan si kecil dengan dunia luar alias dibawa jalan-jalan sore.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan dan Pentingnya Stimulasi

perkembangan bayi usia 3 bulan

Pada tahap perkembangan bayi usia 3 bulan, biasanya sudah menunjukkan tingkah polah yang menggemaskan bagi siapa saja yang melihat. Karena di usia tersebut kondisi fisik si kecil sudah mampu melakukan berbagai aktifitas seperti mengangkat kepala, atau sudah bisa berbalik dari telungkup ke telentang atau bisa juga memegang tangannya sendiri.

Untuk itu, alangkah pentingnya bagi para orang tua untuk menstimulasi perkembangan bayi usia 3 bulan ini dengan berbagai metode. Proses yang dilakukan secara terus menerus dan sesuai dengan tingkat usia, kemauan si kecil dan kemampuannya akan memberikan hasil yang maksimal. Meskipun membutuhkan waktu lama, namun hasil yang diharapkan akan tertanam kuat di dalam otak mereka.

Adapun stimulasi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

– Memegang Benda
Caranya : letakkan mainan atau benda lembut di tangan bayi dan perhatikan apakah si kecil bisa memindahkan benda tersebut. Untuk tahap awal, bantulah si kecil dengan meletakkan mainan di satu tangan kemudian usahakan agar ia mau mengambil mainan tersebut dengan tangan yang lainnya.

– Mencari Sumber Suara
Ajarkan bayi untuk memalingkan wajahnya dengan cara si kecil dipegang dan dipalingkan secara perlahan ke arah sumber suara. Atau, bisa juga dengan membawanya kepada sumber suara tersebut.

– Menirukan Kata-kata
Saat ibu berbicara dengan bayi, ulangilah beberapa kata berkali-kali agar si kecil menirukannya. Biasanya, kata yang mudah ditiru yang terkesan menggumam seperti P atau M. Bisa juga papa atau mama walau mereka belum mengerti maknanya.

Pastikan, saat memberi stimulasi pada si kecil, jangan pernah lupakan kebutuhan mereka yaitu bermain. Dengan begitu, perkembangan bayi usia 3 bulan dapat tumbuh sesuai dengan kemampuan mereka.

author